Mahatmaharti, R.R. Agung Kesna (2017) Efek pemodelan kognitif self instructional training terhadap disiplin diri peserta didik di Sekolah Menengah Pertama / R.R. Agung Kesna Mahatmaharti. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Mahatmaharti Rr Agung Kesna. 2017. Efek Pemodelan Kognitif Self Instructional Training terhadap Disiplin Diri Peserta Didik di Sekolah Menengah Pertama. Disertasi. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. I Wayan Ardhana M.A. (2) Dr. Triyono M.Pd. (3) Prof. Dr. Fattah Hanurawan M.Si. M.Ed. Kata Kunci Pemodelan Kognitif Self Instructional Training Disiplin Diri Disiplin diri dalam dunia pendidikan merupakan salah satu aspek utama bagi peserta didik dalam upaya mengembangkan potensi diri dan salah satu faktor non akademis yang ikut menentukan prestasi akademik. Permasalahan pelanggaran disiplin peserta didik sering terjadi di sekolah. Salah satu upaya untuk membentuk disiplin diri peserta didik di sekolah adalah melalui konseling kelompok. Konseling kelompok yang digunakan adalah dengan metode Pemodelan Kognitif yang bertujuan untuk memodifikasi perilaku yang dapat mengubah pemikiran negatif terhadap diri sendiri menjadi permikiran positif melalui verbalisasi diri positif yang mengarahkan perilaku untuk memerintah pada diri sendiri. Tujuan penelitian ini untuk menguji efek Pemodelan Kognitif Self Instructional Training terhadap disiplin diri peserta didik. Penelitian ini menggunakan quasi experiment design dengan Nonrandomized Pre-Test Post-Test Control and Experiment Group Design. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Ploso Kabupaten Jombang dengan disiplin diri rendah yang berjumlah 16 orang peserta didik yang kemudian dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol secara random. Kelompok eksperimen diberi perlakuan Pemodelan Kognitif Self Instructional Training sedangkan untuk kelompok kontrol diberi metode konvensional. Data yang dikumpulkan menggunakan Skala Disiplin Diri yang telah diuji dengan menggunakan validitas konstruk serta uji reliabilitas. Data dianalisis melalui pengujian Analysis of Covarian (ANCOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada efek Pemodelan Kognitif Self Instructional Training terhadap disiplin diri peserta didik pada kelompok eksperimen lebih tinggi dari pada kelompok kontrol. Hal itu ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai skor Skala Disiplin Diri sebelum dan sesudah perlakuan. Sehingga pemberian perlakuan menggunakan Pemodelan Kognitif Self Instructional Training berpengaruh terhadap meningkatnya disiplin diri peserta didik di Sekolah Menengah Pertama. Kepada praktisi bimbingan dan konseling atau praktisi pendidikan disarankan untuk memperkenalkan dan mengimplementasikan metode Pemodelan Kognitif Self Instructional Training di sekolah sebagai alternatif untuk meningkatkan disiplin diri peserta didik. Kepada kepala sekolah dan guru bimbingan dan konseling/ konselor sekolah agar upaya meningkatkan disiplin diri peserta didik dituangkan dalam Program Tahunan Layanan Bimbingan dan Konseling Sekolah. Kepada guru bimbingan konseling/ konselor perlu memahami teori dan praktek metode Pemodelan Kognitif Self Instructional Training secara konsisten. Kepada peneliti selanjutnya disarankan agar melakukan penelitian lebih lanjut terkait penggunaan metode Pemodelan Kognitif Self Instructional Training dalam peningkatan disiplin diri peserta didik selain disiplin diri di sekolah.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S3 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Dec 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/63524 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |