Setiyowati, Arbin Janu (2017) Model hubungan struktural pengetahuan dasar, sikap dasar, keterampilan dasar komunikasi dan keterampilan budaya dengan kompetensi konseling / Arbin Janu Setiyowati. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Setiyowati Arbin Janu 2017. Model Hubungan Struktural Pengetahuan Dasar Sikap Dasar Keterampilan Dasar Komunikasi dan Keterampilan Budaya dengan Kompetensi Konseling. Disertasi Program Studi Bimbingan dan Konseling Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Marthen Pali M.Psi (II) Prof. Dr. Bambang Budi Wiyono M.Pd. (III) Dr. Triyono M.Pd. Kata kunci kompetensi konseling pengetahuan dasar sikap dasar keterampilan dasar komunikasi keterampilan budaya model hubungan struktural. Kompetensi konseling merupakan seperangkat kemampuan yang mutlak dimiliki oleh konselor dalam menjalankan pelayanan konseling. Layanan konseling bertujuan untuk memfasilitasi siswa mencapai perkembangan diri yang optimal. Kompetensi konseling yang mampu dipenuhi dengan baik oleh konselor akan mendorong terciptanya pelayanan konseling yang berkualitas dan memberikan kemaslahatan bagi semua pihak khususnya bagi konseli. Penelitian model kompetensi konseling ini akan dilakukan terhadap mahasiswa calon konselor. Pemilihan subjek penelitian terhadap mahasiswa calon konselor ini dikarenakan pendidikan prajabatan merupakan dasar pembentukan kompetensi akademik konseling. Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana hubungan antara pengetahuan dasar sikap dasar keterampilan dasar komunikasi dan keterampilan budaya dengan kompetensi konseling (2) bagaimana hubungan antar konstruk (pengetahuan dasar sikap dasar keterampilan dasar komunikasi keterampilan budaya dan kompetensi konseling) yang dibangun dalam model tersebut Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Expost Facto Causal Relationship Explanatory. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data pengetahuan dasar sikap dasar keterampilan dasar komunikasi keterampilan budaya adalah skala dalam bentuk refleksi. Keempat skala memiliki validitas konstruk yang baik (KMO 0 500 MSA 0 500 dan loading factor 0 300). Nilai alpha cronbach untuk skala pengetahuan dasar (0 714) sikap dasar (0 623) keterampilan dasar komunikasi (0 650) dan keterampilan budaya (0 727) artinya semua skala reliabel karena nilai alpha cronbach yang dimiliki 0 60. Data kompetensi konseling diperoleh dari nilai praktikum konseling individu dan praktikum konseling kelompok. Subjek penelitian sejumlah 120 mahasiswa S-1 BK angkatan 2013 dan penarikan sampel dengan teknik cluster random sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis SEM dengan software Amos. Hasil analisis data menunjukkan bahwa model struktural telah layak (nilai X2 nilai kritis GFI 0 93 nilai kritis 0 90). Hasil penelitian ini adalah (1) model teoritik antara pengetahuan dasar sikap dasar keterampilan dasar komunikasi dan keterampilan budaya dengan kompetensi konseling mendapat dukungan empiris (fit layak) (2) ada hubungan langsung dan tidak langsung antara pengetahuan dasar sikap dasar keterampilan dasar komunikasi dan keterampilan budaya dengan kompetensi konseling (3) ada hubungan langsung antara pengetahuan dasar dengan kompetensi konseling (4) ada hubungan langsung antara sikap dasar dengan kompetensi konseling (5) ada hubungan langsung antara keterampilan dasar komunikasi dengan kompetensi konseling (6) ada hubungan tidak langsung antara keterampilan dasar komunikasi dengan kompetensi konseling melalui keterampilan budaya (7) ada hubungan langsung antara keterampilan budaya dengan kompetensi konseling. Temuan penelitian ini adalah sikap dasar merupakan variabel yang memiliki konstribusi terbesar dalam membentuk kompetensi konseling mahasiswa calon konselor. Penelitian ini juga menghasilkan instrumen untuk mengukur aspek pengetahuan dasar sikap dasar keterampilan dasar komunikasi dan keterampilan budaya. Berdasar pada hasil penelitian tersebut disarankan kepada (1) Penentu kebijakan (Organisasi profesi ABKIN dan Program Studi BK) untuk merumuskan kompetensi konseling yang harus dipenuhi oleh konselor profesional dan menyempurnakan kurikulum pendidikan konselor khususnya pembentukan kompetensi konseling mahasiswa calon konselor (2) Mahasiswa Calon Konselor untuk memanfaatkan interaksi sosialnya sebagai wadah untuk mengasah sikap dasar konselor dan kompetensi konselingnya dengan banyak berlatih praktik konseling. (3) Dosen untuk menjadi model bagi terbentuknya sikap dasar konselor meningkatkan kualitas pembelajaran konseling khususnya praktikum konseling agar dapat menjadi wadah penempaan kompetensi konseling calon konselor. (4) Peneliti selanjutnya untuk mengkaji lebih mendalam mengenai sumbangan faktor-faktor lain yang menjadi prediktor terwujudnya kompetensi konseling calon konselor yang memadai dan melakukan penelitian pengembangan mengenai intervensi untuk meningkatkan kompetensi konseling mahasiswa calon konselor ABSTRACT Setiyowati Arbin Janu 2017. Structural Relationship Model of Basic Knowledge Basic Attitude Basic Communication Skill and Cultural Skill with Counseling Competence. Dissertation Guidance and Counseling Study Program Graduate School Universitas Negeri Malang. Advisors (I) Prof. Dr. Marthen Pali M.Psi (II) Prof. Dr. Bambang Budi Wiyono M.Pd. (III) Dr. Triyono M.Pd. Keywords counseling competence basic knowledge basic attitude basic communication skill cultural skill structural relationship model. Counseling competence is an absolute set of abilities which counselors need to be possessed in carrying out counseling services. Counseling services aim at facilitating students to achieve optimal self-development. Counseling competencies qualified by the counselors will promote an excellent quality of counseling services and provide benefits for all parties particularly for the counselee. This study of competency counseling model was conducted on prospective student counselor. The selection of research subjects on prospective counselor students was due to pre-service education which serves as the basis of the formation of academic competence counseling. The problems studied in this present study are (1) how is the relation between basic knowledge basic attitude basic communication skill and cultural skill with counseling competency (2) how is the relation among the construct (basic knowledge basic attitude basic communication skill and counseling competencies) built into the model The research design used in this study was causal relationship explanatory. The instruments used to obtain data regarding basic knowledge basic attitudes basic communication skills and cultural skills are reflection form scale. The four scales have an excellent construct of validity (KMO 0 500 MSA 0 500 and loading factor 0 300). The Cronbach alpha values for basic knowledge scale reached 0.714 basic attitude reached 0.623 basic skills communication reached 0.650 and cultural skills reached 0.727 meaning that all the scale reliable since the value of Cronbach alpha obtained 0.60. The data regarding counseling competencies were attained from the score of individual counseling practice and group counseling practice. The subject of this study was a number of 120 students of undergraduate guidance and counseling program batch 2013 and sampling technique used in this study was random cluster sampling. The data analysis used was SEM analysis with Amos software. The result showed that the structural model has been is considered eligible (the value of X 2 critical value 0.90). The results of this present study are (1) theoretical model between basic knowledge basic attitude basic communication skill and cultural skill with counseling competence attain an empirical support (fit proper) (2) there is a direct and an indirect relation between basic knowledge basic attitude basic communication skills and cultural skills with the counselling competence (3) there is direct relationship between basic knowledge with counseling competence (4) there is a direct relationship between basic attitude with counselling competence (5) there is a direct relationship between basic communication skills with counseling competence (6) there is an indirect relationship between basic communication skills and counseling competence through cultural skills (7) there is a direct relationship between cultural skills with the counselling competence. The findings of this study is the basic attitude is the variable that has the largest contribution in establishing counseling competence counselor students. The research also produces instruments to measure aspects of basic knowledge basic attitudes basic communication skills and cultural skills. Pursuant to the results of the study it is suggested to (1) the policy makers (ABKIN Profession Organization and Guidance and Counseling Study Program) to formulate counseling competences to be met by professional counselors and refine the counselor education curriculum in particular the formation of counseling competencies of counselor students. (2) Students as Counselor Candidate are suggested to utilize his or her social interaction as a channel to enhance his or her basic attitude and counseling competence by practicing counseling practice. (3) Lecturers are suggested to become a model for the basic attitude of counselor students improving the quality of counseling learning particularly counseling practice in order to be an appropriate channel for counseling competency for counselor candidate. (4) The future researchers are suggested to examine more comprehensively regarding the contribution of other factors that predict the realization of adequate counseling competencies of counselor candidates and conduct research on the development of interventions to improve the competence of students as a prospective counselor.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S3 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Aug 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/63520 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |