Hubungan antara motivasi belajar, self regulated learning, pola asuh orang tua, dan iklim sekolah dengan hasil belajar siswa SMP Negeri se-kota Yogyakarta / Said Alhadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara motivasi belajar, self regulated learning, pola asuh orang tua, dan iklim sekolah dengan hasil belajar siswa SMP Negeri se-kota Yogyakarta / Said Alhadi

Alhadi, Said (2017) Hubungan antara motivasi belajar, self regulated learning, pola asuh orang tua, dan iklim sekolah dengan hasil belajar siswa SMP Negeri se-kota Yogyakarta / Said Alhadi. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Alhadi Said. 2016. Hubungan antara Pola Asuh Orang Tua Motivasi Belajar Self-Regulated Learning dan Iklim Sekolah dengan Hasil Belajar Siswa SMP Negeri Se-Kota Yogyakarta. Disertasi Program Studi Bimbingan dan Konseling. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Promotor (I) Prof. Dr. H. Bambang Wiyono M.Pd. (II) Dr. Triyono M.Pd. (III) Prof. Dr. Hj. Nur Hidayah M.Pd. Kata kunci pola asuh orangtua motivasi belajar self-regulated learning iklim sekolah dan hasil belajar Pendidikan yang bermutu merupakan dambaan pemerintah sebagai upaya untuk mendukung terciptanya manusia yang berkualitas. Hal ini menuntut adanya pembenahan dan penyempurnaan kinerja di bidang pendidikan misalnya kebijakan pemerintah mengenai standar kelulusan siswa setiap tahunnya. Pemerintah melalui Badan Standar Nasional (BSNP) telah mengeluarkan Permendikbud No 144 Tahun 2014 berkenaan kriteria kelulusan Ujian Nasional. Standarisasi kelulusan ini seakan menjadi masalah yang sangat menakutkan bagi siswa maupun guru yang tidak memiliki kesiapan rasa percaya diri terhadap kemampuan mereka. Untuk mengatasi adanya ketakutan kemampuan hasil belajar diperlukan kesiapan dari orang tua siswa sekolah dan lingkungan. Oleh karena itu perlu diketahui hubungan yang integral antara pola asuh orangtua motivasi siswa dalam belajar self-regulated learning dan iklim sekolah terhadap hasil belajar yang diraih oleh siswa. Penelitian ini dirancang untuk mengetahui besar sumbangan pola asuh orang tua motivasi belajar self-regulated learning terhadap hasil belajar siswa serta hubungan antara pola asuh orang tua motivasi belajar self-regulated learning dan iklim sekolah dengan hasil belajar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah correlational design. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu pola asuh orang tua motivasi belajar self-regulated learning dan iklim sekolah. Sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar. Populasi penelitian seluruh siswa di SMP Negeri Se-Kota Yogyakarta dengan jumlah 10.831 siswa. Sampel penelitian yang diambil adalah cluster sampling yang berjumlah 515 yang dibagi antara kelas VII dan VIII. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala pola asuh orang tua skala motivasi belajar skala self-regulated learning dan skala iklim sekolah serta hasil belajar siswa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi ganda dengan bantuan aplikasi SPSS versi 16.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara pola asuh orangtua motivasi siswa dalam belajar self-regulated learning serta iklim sekolah dengan hasil belajar. Hasil korelasi variabel polasuh orangtua sebesar 0 509 variabel motivasi belajar sebesar 0 258 variabel self-regulated learning sebesar 0 186 dan variabel iklim sekolah sebesar 0 237 dengan signifikasisi keseluruhan variabel terikat adalah 0 000 (Sig. F

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S3 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63518

Actions (login required)

View Item View Item