Keefektifan teknik berfokus solusi dan model komponen berorientasi masadepan untuk meningkatkan perencanaan belajar individual siswa SMP / Edy Legowo - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan teknik berfokus solusi dan model komponen berorientasi masadepan untuk meningkatkan perencanaan belajar individual siswa SMP / Edy Legowo

Legowo, Edy (2016) Keefektifan teknik berfokus solusi dan model komponen berorientasi masadepan untuk meningkatkan perencanaan belajar individual siswa SMP / Edy Legowo. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Legowo Edy. 2015. KeefektifanTeknikBerfokusSolusidan Model TigaKomponenBerorientasiMasaDepanuntukMeningkatkanPerencanaanBelajar Individual Siswa. Disertasi Program StudiBimbingandanKonseling.PascaSarjana UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. MarthenPali M.Psi. (II) Dr. AdiAtmoko M.Psi. (III) Dr. Triyono M.Pd. Kata Kunci perencanaanbelajar individual teknikberfokussolusi model tigakomponenberorientasimasadepan Perencanaanbelajarindividual(PBI) merupakankemampuan yang pentingdimilikisetiapsiswa SMP utamanyakelas VII agar merekadapatmempersiapkanstudilanjutdankarirmerekadi masadepanlebihawal. Fenomena di lapanganpemberianlayananPBIdalam program bimbingandankonseling(BK) padasiswaSMP belumdilaksanakan.Indikatorinitampak pula padapernyataanparasiswa SMP yang menyatakanbahwapengembanganketerampilanmerencanakanmasadepanadalahhal yang sangatpentingdansangatdibutuhkanmereka. Penelitianinibertujuanuntukmengujikeefektifanteknikberfokussolusidengan model tigakomponenberorientasimasadepanuntukmeningkatkankemampuanPBIsiswa. PBI meliputikemampuan (1) mengenalilatarbelakangtindakan-tindakanatauperilakubelajarpadasalahsatumatapelajarannilairendah (2) menetapanposisimatapelajarandengannilairendahpadaangkadalamrentangskala 1-5 (3) membuatperencanaanperubahankegiatanbelajaruntukpeningkatkanprestasibelajar (4) menetapkan target peningkatanangkadalamskala 1-5 antarakegiatanbelajarsebelumnyadengan yang direncanakanuntukpeningkatanprestasi (5) membuatperencanaanperubahankegiatanbelajar di kelas/ sekolah yang akandatangagar dapatmeningkatkanprestasibelajar di waktumendatang dan (6) pembuatanperencanaanperubahankegiatanbelajar di luarsekolahyang akandatangagar dapatmeningkatkanprestasibelajarnya di waktumendatang. PenelitianinimenggunakanInterrupted time series designyang dimodifikasi.Subjekpenelitiansebanyak 32 siswa SMP kelas VII diambilrandom sampling.Subjekmendapatperlakuanteknikterapiberfokussolusidan model tigakompoenberorientasimasadepansebagaivariabelbebas dansebagaivariabelterikatnyaadalahkemampuan PBI siswa. Data kemampuanPBI siswadiukurdengantesberupalembarkerja (LK)PBI.Ada LK PBI yaitu LK PBI simulasikasusdan LK PBI praktikriil.Kedua LK tersebutditugaskanpadapascateretmen.Instrumentes yang berupalembarkerja ILP memilikivaliditasisidenganvalidasiahli. Analisis data digunakanstatistikdeskriptifuntukmendeskripsikankemampuan LPI siswabaikpadalatihansimulasikasusmaupunpraktikriil. TeknikstatistikWilcoxon Signed Ranks Testdigunakanuntukmengujiadatidaknyapeningkatankemampuan PBI siswapadalatihankasuskepraktikriil. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa (1) kemampuansiswamenyusunPBIpadasaatlatihansimulasikasusdiperolehrerataskor16 74 standardeviasi 3 48 denganskor maximum yang diharapkanadalah 34.Hasilinimenunjukanpadakategorikurangbaik. (2) kemampuansiswamenyusunPBIpadasaatpraktikriildiperolehrerataskor22 96 standardeviasi4 07 danskormaksimum yang diharapkan 34. Hasilinimenunjukanpadakategoribaik. (3) Ada peningkatansiginikankemampuansiswadalammenyusun PBI padasaatlatihankasuskepraktikriilpascateratmenyaitudengannilai t-hit-2.692 (p 0.012 0.05). Hasilpenelitianinimemberikansumbanganteoritikyaitu (1) Perludilakukanpenelitianlanjutandengankelompoksubjek yang diperluasdenganmengunakandesain-desaineksperimen yang lebihmenjaminvaliditas internal daneksternalsuatupenelitian (2) menambahkhasanahilmiahbidangkemampuan PBI danvariabel yang mempengaruhinyayaituteknikberfokussolusidan model tigaomponenberorientasimasadepan. Sumbangapraktisdarihasilpenelitianinidalah (1) memberikanketerampilansubjek/ respondendalamkemampuanmenyususn PBI (2) Panduanpenerapanteknikberfokussolusidan model tigakomponenberorientasimasadepandapatdigunakanonselorsekolah SMP untukmeningkatkankemampuan PBI siswa (3) Panduaninidapatdikembangankanuntukpengembanganpribadi-sosial karirmaupunakademik yang lainnya.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S3 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Apr 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63516

Actions (login required)

View Item View Item