Pengembangan panduan pelatihan self-discipline dengan fasilitasi scaffolding siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) / Susilowati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan pelatihan self-discipline dengan fasilitasi scaffolding siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) / Susilowati

Susilowati (2016) Pengembangan panduan pelatihan self-discipline dengan fasilitasi scaffolding siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) / Susilowati. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Susilowati 2015.PengembanganPanduanPelatihan Self-discipline DenganFasilitasiScaffolding Siswa SMA.Disertasi Program StudiBimbingandanKonseling PascasarjanaUniversitasNegeri Malang.Pembimbing (I)Prof. Dr. I Nyoman S. Degeng M. Pd. (II) Dr. Dany M. Handarini M. A. (III) Dr. M. Ramli M. A. Kata kunci panduanpelatihan self-discipline belajar scaffolding dansiswa SMA. Masalahrendahnyadisiplindiridalambelajarsiswa SMA perlumendapatkanperhatiandanpenanganansecaratepat terutamadari guru dankonselor.Menurutkonselor (hasilneed assessment) disiplindiridalambelajarsangatpentingdandibutuhkanolehsiswa namunkonselorbelummemilikidanmenggunakanpanduanuntukmelatihdisiplindirisiswa.MakadariitupenelitiperlumengembangkanPanduanPelatihanSelf-discipline untukdigunakankonselormembantumengatasimasalahdisiplindirisiswadalambelajar.Tujuanpenelitiandanpengembanganadalahmenghasilkanpanduanpelatihandisiplindiri (self-discipline) denganfasilitasiscaffoldingbagisiswa SMA yang memenuhikeberterimaanberdasarkan 4indikatoryaitu kegunaan (utility) ketepatan (accuracy) kelayakan (feasibility) dankemenarikanproduk. Prosedurpenelitiandanpengembanganadaptasidari model penelitiandanpengembangan Borg and Gall (2003).Prosedurhanyasampai 7 langkahyaitu (1) penelitianpendahuluandanmengumpulkaninformasi (2) melakukanperencanaan (3) pengembanganprodukawal (4) ujicobaprodukawal (5) melakukanrevisiprodukutama (6) ujicobaprodukutama dan (7) revisiprodukoperasional.PanduanPelatihandisiplindirimenggunakanstrategiscaffolding yaituberupabacaanpenuntunbagisiswa. HasilpenelitiandanpengembanganiniadalahPanduanPelatihanSelf-discipline dalambelajarbagisiswa SMA yang terdiridari 3 bukuyaitu (1)BukuMateriPelatihan (2) BukuPanduanKonselor dan (3)BukuPanduanSiswa yang memenuhikeberterimaanberdasarkan 4 indikatoryaitu (a) Kegunaan (Utility) (b) Ketepatan (Accuracy) (c) Kelayakan (Feasibility) dan (d) Kemenarikan. Saran-saran (1) Pemanfaatan panduanpelatihanself-disciplinedapatdimanfaatkanolehkonselor SMA di wilayahKota Malang dalamupayamembantusiswamengatasimasalahdisiplindiridalambelajar (2) Diseminasi panduanpelatihanself-discipline sebelumdisebarluaskanpenggunaannyahendaknyadilakukanujicobaproduk di lapangan yang lebihluasdenganjumlahsiswalebihbanyak (3) Untukpengembanganproduklebihlanjut kepadapeneliti lain agar dapatmembandingkankeefektifanstrategi Scaffolding denganstrategi lainuntukmeningkatkandisiplindirisiswa SMA. Disampingitupenelitianselanjutnyahendaknyamengujicobakanpadasiswa SMP atau SDdenganmateribimbingan yang relevan

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S3 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Mar 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63515

Actions (login required)

View Item View Item