Pengaruh variasi savoring strategies terhadap tingkat kebahagiaan siswa Sekolah Menengah Atas / Silvianetri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh variasi savoring strategies terhadap tingkat kebahagiaan siswa Sekolah Menengah Atas / Silvianetri

Silvianetri (2015) Pengaruh variasi savoring strategies terhadap tingkat kebahagiaan siswa Sekolah Menengah Atas / Silvianetri. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Silvianetri 2015. Pengaruh Variasi Savoring Strategies terhadap Tingkat Kebahagiaan Siswa Sekolah Menengah Atas. Disertasi Program Studi Bimbingan dan Konseling Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Punaji Setyosari M.Pd M.Ed (II) Dr. M. Ramli M.A. (III) Prof. Dr. Nur Hidayah M.Pd. Kata kunci variasi savoring strategies kebahagiaan siswa SMA Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan perbedaan tingkat kebahagiaan siswa yang diberikan variasi savoring strategies dengan siswa yang tidak diberikan variasi savoring strategies. Penelitian menggunakan true exsperiments adapun disain penelitian yang digunakan adalah pretest posttest control group design. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Singosari Kabupaten Malang yang berjumlah 30 orang dibagi atas empat kelompok. Kelompok A mendapatkan intervensi behavioral display kelompok B mendapatkan intervensi being present kelompok C mendapatkan intervensi capitalizing dan kelompok D mendapat intervensi positive mental time travel. Data dikumpulkan dengan menggunakan skala kebahagiaan siswa yang telah diuji dengan validitas konstruk (KMO 0.5 dan loading factor 0.4) serta reliabilitasnya (cronbach s alpha 0.940). Data dianalisis melalui uji beda dengan menggunakan independent samples T Test dan Analysis of Variance (ANOVA) melalui program komputer SPSS. release 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan tingkat kebahagiaan siswa yang diberikan variasi savoring strategies dengan siswa yang tidak diberikan variasi savoring strategies (2) ada perbedaan tingkat kebahagiaan siswa yang diberikan teknik behavioral display dengan teknik being present (3) ada perbedaan tingkat kebahagiaan siswa yang diberikan teknik behavioral display dengan teknik capitalizing (4) tidak ada perbedaan tingkat kebahagiaan siswa yang diberikan teknik behavioral display dengan teknik positive mental time travel (5) tidak ada perbedaan tingkat kebahagiaan siswa yang diberikan teknik being present dengan teknik capitalizing (6) ada perbedaan tingkat kebahagiaan siswa yang diberikan teknik being present dengan teknik positive mental time travel dan (7) ada perbedaan tingkat kebahagiaan siswa yang diberikan teknik capitalizing dengan teknik positive mental time travel. Kepada praktisi bimbingan dan konseling serta praktisi pendidikan disarankan agar dapat menerapkan savoring strategies di sekolah untuk meningkatkan kebahagiaan siswa dan well being school. Kepada peneliti selanjutnya disarankan agar dapat meneliti peningkatan kebahagiaan siswa melalui strategi selain savoring strategies.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S3 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Oct 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63507

Actions (login required)

View Item View Item