Keefektifan model Aggression Replacement Training (ART) untuk mereduksi tingkat agresivitas siswa madrasah aliyah / Ali Murtadho - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan model Aggression Replacement Training (ART) untuk mereduksi tingkat agresivitas siswa madrasah aliyah / Ali Murtadho

Murtadho, Ali (2014) Keefektifan model Aggression Replacement Training (ART) untuk mereduksi tingkat agresivitas siswa madrasah aliyah / Ali Murtadho. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Murtadho Ali. 2014. Keefektifan Model Aggression Replacement Training (ART) untuk Mereduksi Tingkat Agresivitas Siswa Madrasah Aliyah. Disertasi Program Studi Bimbingan dan Konseling Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Bambang Budi Wiyono M.Pd. (II) Dr. H. Triyono M.Pd. (III) Prof. Dr. Hj. Nur Hidayah M.Pd. Kata kunci agresivitas aggression replacement training (ART) siswa madrasah aliyah. 12288 12288 12288 12288 Agresivitas merupakan permasalahan yang kompleks dan masih eksis hingga saat ini. Agresivitas dapat terjadi di manapun kapanpun dan oleh siapapun. Agresivitas bisa dilakukan di rumah maupun di sekolah dilakukan oleh laki-laki maupun perempuan melibatkan siswa bahkan guru. Perilaku ini tidak hanya menimbulkan ketidaknyamanan tapi sekaligus mengganggu prestasi akademik. Upaya yang selama ini dilakukan untuk mereduksi agresivitas belum optimal hasilnya. Menyikapi keadaan tesebut perlu dilakukan upaya ilmiah merumuskan cara mereduksinya. Salah satu faktor internal yang menyebabkan terjadinya agresivitas berkaitan dengan kepribadian. ART merupakan desain intervensi multimodal dalam psikoedukasi untuk menangani masalah agresivitas bagi anak muda dan merupakan salah satu program yang ada dalam Cognitive Behavioral Therapy. ART memandang agresivitas berdasarkan pada teori belajar di mana agresivitas adalah perilaku yang dapat dipelajari dipelajari melalui observasi imitasi pengalaman langsung dan pengulangan. Oleh karenanya salah satu hal yang dapat diupayakan untuk mereduksi agresivitas adalah menggunakan ART. Pokok permasalahan dalam penelitian adalah apakah ART efektif dalam mereduksi tingkat agresivitas siswa 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan true-experimental designs dengan randomized pretest-posttest control group design. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Kendal sejumlah 42 orang siswa 21 orang untuk kelompok eksperimen dan 21 orang untuk kelompok kontrol. Pengumpulan data agresivitas dengan menggunakan kuesioner agresivitas Buss Perry (BPAQ) yang sudah dikembangkan dengan validitas isi 1 00 validitas item 0 312 sampai 0 668 muatan faktor 0 629 sampai 0 873 dan reliabilitasnya 0 909. Bahan perlakuan digunakan panduan Aggression Replacement Training (ART) validitas isi 0 850. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan t-test. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian mengungkapkan ART yang bernuansa budaya dan agama Islam efektif untuk mereduksi tingkat agresivitas siswa kelompok eksperimen dengan memperbandingkan antara mean prates dan pascates dengan nilai t sebesar 5.777 dan taraf signifikansi 0.000 maka dapat disimpulkan bahwa tingkat agresivitas siswa menurun setelah mendapatkan perlakuan. Memperbandingkan mean pascates kelompok eksperimen sebesar 112 4762 dan kelompok kontrol sebesar 135 8095 menunjukkan hasil yang berbeda pula. Mean setelah mendapatkan perlakuan ART pada kelompok eksperimen lebih kecil daripada kelompok kontrol. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian ini dinyatakan bahwa ART yang bernuansa budaya dan Agama Islam efektif untuk mereduksi tingkat agresivitas siswa Madrasah Aliyah. Untuk itu diajukan saran agar ART ini digunakan sebagai salah satu upaya untuk mereduksi tingkat agresivitas siswa Madrasah Aliyah.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S3 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Nov 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63503

Actions (login required)

View Item View Item