Keefektifan refleksi dan penstrukturan ulang kognitif pada pengambilan keputusan karier siswa SMA / Wagimin - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan refleksi dan penstrukturan ulang kognitif pada pengambilan keputusan karier siswa SMA / Wagimin

Wagimin (2014) Keefektifan refleksi dan penstrukturan ulang kognitif pada pengambilan keputusan karier siswa SMA / Wagimin. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wagimin. 2014. Keefektifan Refleksi dan Penstrukturan Ulang Kognitif pada Pengambilan Keputusan Karier Siswa SMA. Disertasi Program Studi Bimbingan dan Konseling Pascasar-jana Universitas Negeri Malang.Pembimbing (I) Prof. Johana Endang Prawitasari M.A. Ph.D. (II) Dr. Dany Munindyah Handarini M.A. dan (III) Dr. Triyono M.Pd. Kata kunci Karier pengambilan keputusan karier pemrosesan informasi kogni-tif (PIK) refleksi penstrukturan ulang kognitif. 12288 12288 12288 Proses pengambilan keputusan karier siswa SMA pada umumnya masih banyak yang ber-masalah karena banyak keputusan siswa diambil berdasarkan kepada nasihat orang lain seperti teman guru atau orang tua bukan atas dasar hasil pikiran sendiri melalui pemrosesan infor-masi dan penilaian berbagai alternatif. Akibatnya hasil keputusan yang diambil tidak tepat dan menjadikan siswa kurang memiliki keterampilan dalam pengambilan keputusan karier. Oleh karena itu bimbingan perlu diberikan kepada para siswa agar siswa mampu mengembangkan pengambilan keputusan karier. Pengambilan keputusan karier yang dikembangkan adalah peng-ambilan keputusan karier berdasarkan model Pemrosesan Informasi Kognitif (Coginitive Infor-mation Processing) (PIK) dan teknik refleksi dan penstrukturan ulang kognitif digunakan untuk mengembangkan keterampilan tersebut. 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan secara empirik bahwa refleksi dan pen-strukturan ulang kognitif efektif untuk meningkatkan pengambilan keputusan karier siswa SMA berdasarkan model PIK. Hipotesis penelitian ini ada-lah bahwa setelah treatment ada perbedaan pengambilan keputusan karier siswa antara kelompok control dan kelompok eksperimen di se-mua SMA. Sebagai informasi controlled trials dianalisis perbedaan keterampilan pengambilan keputusan karier siswa antara (a) kelompok eksperimen dan kelompok kontrol di masing-ma-sing SMA setelah mendapatkan treatment (b) kelompok eksperimen dan kelompok kontrol di semua SMA sebelum dilakukan treatment (c) kelompok eksperimen di semua SMA sebelum dan setelah treatment dan (d) kelompok kontrol di semua SMA sebelum dan sesudah treat-ment. 12288 12288 12288 Penelitian menggunakan rancangan double-blind randomized controlled group pretest-posttest trial design dengan anggota s ampel siswa kelas 11 dari 4 SMA yang memiliki pengam-bilan keputusan karier rendah. Subyek sampel kelompok eksperimen 40 orang dan kelompok kontrol 40 orang yang penetapannya dilakukan secara random. Treatment pembimbingan de-ngan panduan pelaksanaan refleksi dan penstrukturan ulang kognitif dilakukan untuk mening-katkan pengambilan keputusan karier siswa berdasarkan model PIK. Kelayakan draf panduan dinilai oleh ahli materi ahli bimbingan dan konseling karier ahli media dan pembelajaran dan konselor sekolah. Eksperimen dilaksanakan dengan 8 kali pertemuan pembimbingan dan sebe-lum dan sesudah treatment dilakukan pengukuran dengan skala penilaian pengambilan kepu-tusan karier berdasarkan model PIK. Teknik statistik digunakan untuk mencari perbedaan di antara dua nilai-nilai hasil penelitian yaitu dengan teknik independen /paired samples t test 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa refleksi dan penstrukturan ulang kognitif efektif untuk meningkatkan pengambilan keputusan karier siswa SMA. Kesimpulan penelitian dikuat-kan oleh informasi controlled trials bahwa (a) ada perbedaan pengambilan keputusan karier antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol di semua SMA (b) sebelum treatment se-mua subyek siswa baik dalam kelompok kontrol maupun kelompok eksperimen memiliki pengambilan keputusan karier yang tidak berbeda (c) setelah treatment kelompok eksperimen memiliki pengambilan keputusan karier yang lebih tinggi (d) sebelum dan sesudah treatment pengambilan keputusan karier kelompok kontrol tidak ada perbedaan. 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini memiliki implikasi kepada praktik bimbingan karier di sekolah dan penelitian lebih lanjut. Saran yang diajukan adalah guru BK perlu menggunakan teknik ini untuk membantu peminatan siswa kepala sekolah perlu membuat kebijakan agar guru BK bisa masuk kelas agar bisa memberikan layanan bimbingan kelompok dengan lebih baik dan perlunya penelitian lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S3 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63502

Actions (login required)

View Item View Item