Pemaknaan konselor terhadap layanan konseling di sekolah / Lukman Harahap - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemaknaan konselor terhadap layanan konseling di sekolah / Lukman Harahap

Harahap, Lukman (2014) Pemaknaan konselor terhadap layanan konseling di sekolah / Lukman Harahap. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Lukman Harahap. 2014. Pemaknaan Konselor terhadap Layanan Konseling di Sekolah. Disertasi Program Studi Bimbingan dan Konseling Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. I Wayan Ardhana MA (II) Prof. Dr. Marthen Pali M.Psi (III) Dr. Triyono M.Pd. Kata Kunci konseling konselor sekolah pemaknaan Konseling merupakan pertemuan profesional antara konselor dengan konseli yang bersifat pribadi. Beberapa unsur pokok layanan konseling meliputi proses konseling tujuan konseling dan sikap pribadi konselor. Untuk mewujudkan unsur-unsur pokok tersebut perlu pemaknaan konselor mengenai pelaksanaan proses layanan konseling di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemaknaan konselor terhadap layanan konseling di sekolah yang meliputi (1) pemaknaan konselor mengenai tujuan dan proses layanan konseling (2) pemaknaan konselor mengenai sikap pribadinya dalam melayani konseli selama proses konseling dan (3) pandangan konselor terhadap keberhasilan layanan konseling di sekolah. Penelitian ini dilakukan di Kota Surakarta. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan rancangan fenomenologi. Peneliti bertindak sebagai instrumen utama sekaligus pengumpul data. Data diperoleh melalui wawancara dan observasi menggunakan kamera video. Peneliti hadir di lokasi secara non partisipatori. Pengumpulan dan analisis data dilakukan melalui prosedur berikut. (1) pengambilan data dilakukan secara perorangan dalam ruang konseling (2) wawancara direkam menggunakan kamera video (3) peneliti mencatat dan mengklasifikasi pemaknaan konselor terhadap layanan konseling (4) peneliti meminta penjelasan atas apa yang sudah dilakukan oleh konselor dalam melaksanakan layanan konseling dan (5)peneliti mendeskripsikan serta menyimpulkan pemaknaan konselor terhadap proses konseling di sekolah . Temuan penelitian mengenai pemaknaan konselor terhadap layanan konseling di sekolah adalah sebagai berikut. Pertama pemaknaan konselor mengenai tujuan dan kegunaan proses layanan konseling di sekolah dilandasi oleh motif profesionalisme konselor pengabdian kepada sesama dan pengalaman religius konselor. Proses konseling dilakukan dengan cara memberikan nasihat memberikan informasi memberikan motivasi menciptakan rapport melakukan klarifikasi pikiran dan pengungkapan diri kepada konseli. Kedua konselor telah menunjukkan sikap pribadinya dalam melaksanakan proses layanan konseling di sekolah dengan sikap tulus hangat penerimaan non posesif empati melayani memberikan perhatian kepada keluarga perhatian kepada konseli dan bersahabat. Sikap pribadi tersebut menjadi daya tarik bagi konseli untuk mengikuti layanan konseling secara proaktif. Konselor memaknai sikap pribadi tersebut sebagai perwujudan jati dirinya. Ketiga konselor memandang bahwa keberhasilan layanan konseling di sekolah ditandai karakteristik sebagai berikut. (a) konseli dapat mengutarakan permasalahan yang dihadapi secara terbuka terus terang dan memberikan kepercayaan kepada konselor untuk membantunya dalam mengatasi masalah konseli (b) konseli merasa dirinya diterima oleh konselor dengan baik apa adanya (c) Berkembangnya kesadaran konseli untuk melakukan konseling lanjutan. Berdasarkan hasil kajian tersebut disarankan kepada Pertama perlunya kajian pemaknaan konselor terhadap layanan konseling di sekolah pada setting yang lebih luas sebagai dasar pengembangan konsep bimbingan dan konseling. Kedua pengelola fakultas ilmu pendidikan khususnya Jurusan bimbingan dan konseling perlu memantapkan proses pendidikan bagi mahasiswa/calon konselor khususnya pada mata kuliah berbasis bimbingan dan konseling agar dapat mengembangkan sikap pribadi konselor. Ketiga Organisasi profesi bimbingan dan konseling perlu melakukan upgrading terhadap para konselor di sekolah dalam rangka menuju pada profesionalitas layanan konseling.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S3 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 May 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63500

Actions (login required)

View Item View Item