Diskusi kelompok berani untuk meningkatkan harga diri mahasiswa / Agung Gunawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Diskusi kelompok berani untuk meningkatkan harga diri mahasiswa / Agung Gunawan

Gunawan, Agung (2012) Diskusi kelompok berani untuk meningkatkan harga diri mahasiswa / Agung Gunawan. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Disertasi Program Studi Bimbingan dan Konseling Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Promotor/Pembimbing (I). Prof. Dr. Johana E. Prawitasari. (II) Prof. Dr. Marthen Pali M.Psi dan (III) Dr. Dany M. Handarini M.A. Kata Kunci harga diri rendah diskusi kelompok berani family group terapi realita Harga diri rendah memiliki dampak yang sangat negatif bagi mahasiswa untuk menjalankan tugas dan kewajibannya sebagai generasi penerus bangsa. Mahasiswa yang memiliki harga diri rendah membutuhkan pelayanan konseling yang dapat meningkatkan harga diri mereka. Untuk itu dalam penelitian ini akan digunakan Diskusi Kelompok Berani untuk membantu meningkatkan harga diri mahasiswa. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah apakah Diskusi Kelompok Berani efektif untuk meningkatkan harga diri mahasiswa secara signifikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat efektivitas Diskusi Kelompok Berani untuk meningkatkan harga diri mahasiswa. Diskusi Kelompok Berani (DKB) adalah salah satu bentuk dari konseling kelompok. Melalui Diskusi Kelompok Berani mahasiswa yang memiliki harga diri rendah akan ditolong untuk 1) Berani Berbicara 2) Berani Percaya 3) Berani Mengampuni 4) Berani Berharap dan 5) Berani Menikmati Hidup. DKB didasarkan pada Terapi Realita. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pretest-posttest control group design. Kelompok kontrol adalah mahasiswa melakukan kegiatan Family Group. Subjek penelitian adalah mahasiswa STT Anugrah yang memiliki harga diri rendah. Instrumen penelitian menggunakan Rosenberg Self Esteem Scale. Dari analisis data terlihat perbedaan yang signifikan antara kenaikkan harga diri dari mahasiswa yang mengikuti Diskusi Kelompok Berani dibanding dengan mahasiswa yang mengikuti Family Group. Untuk DKB memiliki rata-rata rangking peningkatan harga diri sebesar 12 5 dan total rangking 100 sedangkan FG memiliki rata-rata rangking peningkatan harga diri sebesar 4 5 dan total rangking 36. Berdasarkan hasil perhitungan statistik dilihat bahwa nilai Zhitung sebesar 3 386 Ztabel sebesar 1 96 sehingga keputusannya adalah tolak H0 yang berarti terdapat perbedaan secara signifikan terhadap peningkatan harga diri antara mahasiswa yang mengikuti DKB dengan mahasiswa yang mengikuti FG. Dengan demikian maka hipotesis yang menyatakan bahwa DKB dapat meningkatkan harga diri mahasiswa secara signifikan terbukti. Berdasarkan hasil penelitian ini maka diajukan beberapa saran yaitu (1) DKB disarankan untuk dipakai para konselor di sekolah untuk membantu meningkatkan harga diri mahasiswa (2) DKB disarankan dapat dipakai oleh ilmuan dan praktisi bimbingan konseling untuk melakukan penelitian lanjutan dalam ruang lingkup yang lebih luas seperti di sekolah-sekolah umum (3) mengingat bahwa penelitian ini terbatas pada penggunaan DKB untuk meningkatkan harga diri mahasiswa maka perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk melihat efektivitas DKB untuk membantu mahasiswa mengatasi masalah-masalah lain seperti stres kecemasan minder dan lainnya.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S3 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Mar 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63493

Actions (login required)

View Item View Item