Peningkatan hasil belajar PKn melalui metode bermain peran (role playing) siswa kelas IV SDN Tuliskriyo 02 Blitar / M. Ubaidillah Al Ayyubi - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar PKn melalui metode bermain peran (role playing) siswa kelas IV SDN Tuliskriyo 02 Blitar / M. Ubaidillah Al Ayyubi

Al Ayyubi, M. Ubaidillah (2016) Peningkatan hasil belajar PKn melalui metode bermain peran (role playing) siswa kelas IV SDN Tuliskriyo 02 Blitar / M. Ubaidillah Al Ayyubi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Al Ayyubi M. Ubaidillah. 2016. Peningkatan Hasil Belajar PKn Melalui Metode Bermain Peran (Role Playing) Siswa Kelas IV SDN Tuliskriyo 02 Blitar. Skripsi Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dra. Widayati M.H. (II) Drs. Sunyoto S.Pd. M.Si. Kata kunci PKn hasil belajar bermain peran (role playing) Observasi yang dilakukan peneliti pada kelas IV SDN Tuliskriyo 02 Blitar ditemukan (1) rendahnya keaktifan siswa dalam menyampaikan pendapat dan menjawab pertanyaan (2) siswa kesulitan mengerjakan LKS (3) proses pembelajaran yang didominasi guru dengan menggunakan metode ceramah dan (4) nilai siswa yang masih rendah dari 25 siswa hanya 9 siswa (36%) yang mencapai KKM. Penelitian ini untuk (1) mendeskripsikan penerapan metode bermain peran (role playing) pembelajaran PKn kelas IV SDN Tuliskriyo 02 Blitar dan (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN Tuliskriyo 02 Blitar dengan menerapkan metode bermain peran (role playing). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan 2 siklus setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi wawancara tes catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat meningkatkan keaktifan guru dan siswa. Pada siklus I keaktifan guru 86 6% pada siklus II 100%. Keaktifan siswa pada siklus I rata-rata 60 38 pada siklus II menjadi 83 58. Hasil belajar juga meningkat pada aspek kognitif siklus I 72 6 siklus II 84 8. Aspek afektif siklus I 67 33 siklus II 82. Aspek psikomotorik siklus I 74 6 siklus II 94. Disimpulkan bahwa penerapan metode bermain peran (role playing) dapat meningkatkan keaktifan guru keaktifan siswa dan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn kelas IV SDN Tuliskriyo 02 Blitar. Bagi guru PKn yang ingin meningkatkan hasil belajar hendaknya menggunakan metode bermain peran (role playing).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6346

Actions (login required)

View Item View Item