Penggunaan media big book untuk meningkatkan kemampuan memahami isi teks narasi pada siswa kelas IIIB SDN Ciptomulyo I Kota Malang / Anisah

Anisah (2016) Penggunaan media big book untuk meningkatkan kemampuan memahami isi teks narasi pada siswa kelas IIIB SDN Ciptomulyo I Kota Malang / Anisah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anisah. 2016. Penggunaan Media Big Book untuk Meningkatkan Kemampuan Memahami Isi Teks Narasi pada Siswa Kelas IIIB SDN Ciptomulyo I Kota Malang. Skripsi, Jurusan Kependidikan Sekolah dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Rumidjan, M.Pd, (II) Dra. Sri Harmini, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Memahami Isi Teks Narasi, Media Big Book, Siswa Kelas III, Sekolah Dasar Keterampilan membaca sangat penting dilaksanakan terutama di Sekolah Dasar. Berdasarkan observasi peneliti menemukan kelemahan tingkat penguasaan keterampilan membaca. Terlihat pada setengah dari jumlah siswa kelas IIIB SDN Ciptomulyo I Malang masih kesulitan dalam mencari informasi yang ada pada bacaan khususnya teks narasi. Hal inidisebabkan oleh beberapa faktor antara lain dalam pembelajaran guru tidak menggunakan media, cara mengajar guru yang masih konvensional tanpa melakukan komunikasi dua arah untuk memahami isi bacaan sehingga siswa cenderung pasif dalam proses pembelajaran. Tujuan masalah pada penelitian ini yaitu 1) mendeskripsikan perencanaan pembelajaran membaca pemahaman dengan menggunakan media big book untuk meningkatkan kemampuan memahami isi bacaan pada siswa kelas IIIB SDN Ciptomulyo I Kota Malang, 2) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran pemahaman dengan menggunakan media big book pada siswa kelas IIIB SDN Ciptomulyo I Kota Malang, dan 3) mendeskripsikan peningkatan kemampuan memahami isi teks narasi pada siswa kelas IIIB SDN Ciptomulyo I dalam pembelajaran membaca dengan menggunakan media big book. Pendekatan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdapat empat tahapan yaitu 1) perencanaan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Dengan prosedur pengumpulan data yaitu 1) observasi, 3) dokumentasi, dan 4) tes. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IIIB sebanyak 28 siswa yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2015/2016. Penelitian menunjukkan bahwa media big book dapat meningkatkan keterampilan memahami isi teks narasi pada siswa kelas IIIB SDN Ciptomulyo I Kota Malang dari segi proses maupun hasil. Pada pratindakan, siswa masih bersifat pasif saat pembelajaran. Pada siklus I sebagian siswa mulai aktif dalam pembelajaran tapi masih malu untuk bertanya dan berpendapat, sehingga guru mengajak siswa dengan cara menunjuk siswa. Pada siklus II, seluruh siswa sudah aktif pada saat pembelajaran, siswa sudah berani bertanya dan mengemukakan pendapat. Dilihat dari hasil, dibuktikan dari nilai rata-rata persentase tes tertulis pada pratindakan 59% menjadi 65% pada siklus I dan 76% pada siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu penggunaan media big bookdapat meningkatkan kemampuan memahami isi teks narasi pada siswa kelas IIIB SDN Ciptomulyo I Kota Malang. Dengan adanya media siswa menjadi lebih aktif dalam mengikuti proses belajar membaca.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6342

Actions (login required)

View Item View Item