Agus (2010) Penerapan pembelajaran kooperatif model snowball throwing dalam peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri Madyopuro 6 Malang / Agus Mulyadi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci pembelajaran kooperatif Snowball Throwing aktivitas belajar hasil belajar Pembelajaran IPA yang terjadi di kelas IV SDN Madyopuro 6 terlihat masih rendah. Hal ini dipengaruhi oleh kepasifan siswa kebosanan siswa dalam menerima palajaran sehingga dapat menyebabkan rendahnya akivitas dan hasil belajar siswa. Metode ceramah dan pemberian tugas saja dipandang masih belum efektif dalam mengembangkan proses berfikir siswa. Selama ini cara mengajar guru masih menggunakan metode konvensional yaitu pembelajaran berpusat pada guru. Akibatnya suasana belajar terlihat kaku terpusat satu arah dan kurang memberi kesempatan bagi peserta didik untuk lebih aktif dalam pembelajaran. Sehubungan dengan hal ini salah satu pendekatan pembelajaran yang kini mendapat respon adalah pembelajaran kooperatif.dengan model snowball Throwing. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk menjelaskan peningkatan aktivitas belajar IPA tentang Gaya melalui pembelajaran kooperatif model Snowball Throwing pada siswa kelas IV SDN Madyopuro 6 Malang Tahun ajaran 2009-2010.(2) menjelaskan peningkatan hasil belajar IPA tentang Gaya melalui pembelajaran kooperatif model Snowball Throwing pada siswa kelas IV SDN Madyopuro 6 Malang Tahun 2009-2010. Penelitian dilakukan melalui penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada siswa kelas IV SDN Madyopuro 6 Malang Tahun2009-2010. Data penelitian diperoleh dari hasil pengamatan aktivitas belajar siswa aktivitas mengajar guru tes hasil belajar siswa hasil wawancara dengan siswa dan angket. Materi yang disampaikan pada penelitian ini terdiri dari 2 siklus dengan empat tahap yaitu perencanaan (plan) pelaksanaan tindakan (action) pengamatan (observation) dan refleksi (reflection). Berdasarkan hasil penelitian tentang peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa pada materi gaya dengan menerapkan pembelajaran kooperatif model Snowball Throwing menunjukkan adanya (a) Terjadi peningkatan persentase keberhasilan aktivitas belajar siswa yaitu dari 72 00% pada tindakan siklus I menjadi 83 75% pada tindakan siklus II (b) Terjadi peningkatan persentase keberhasilan aktivitas mengajar guru yaitu dari 84 61% pada tindakan siklus I menjadi 92 30% pada tindakan siklus II (c) Nilai rata-rata hasil tes belajar siswa meningkat dari 64 4 pada tindakan siklus I menjadi 73 6 pada tindakan siklus II dan 75 6 pada tes akhir tindakan. Siswa menunjukkan respon yang cukup baik. Respon yang dimaksud adalah (a) Siswa menjadi lebih antusias atau semangat mengikuti kegiatan pembelajaran (b) Dengan melakukan pembelajaran pembelajaran kooperatif model Snowball Throwing proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan menyenangkan (c) Dengan belajar berkelompok dapat terjadi kegiatan diskusi yang bermanfaat terjadi interaksi sosial interaksi berpikir antar siswa antara siswa dengan guru. Walaupun pelaksanaan pembelajaran pembelajaran kooperatif model Snowball Throwing telah dilaksanakan dengan baik ada beberapa kendala yang dihadapi antara lain (a) keefektifan waktu dalam melaksanakan diskusi masih belum begitu maksimal adanya siswa yang kurang bisa membaur dengan kelompok yang hiterogen sehingga kerjasama dalam kelompok kurang bisa berjalan dengan baik sehingga (b) Belum terbiasanya siswa dengan kegiatan diskusi dan belajar kelompok menyebabkan kegiatan diskusi kurang berjalan efektif. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan hal-hal sebagai berikut (1) Penerapan pembelajaran kooperatif model Snowball Throwing utamanya saat diskusi kelompok perlu diterapkan pada pembelajaran lain untuk mengoptimalkan kemampuan siswa dalam pemecahan masalah di tiap-tiap mata pelajaran. (2) Penelitian ini perlu dikembangkan lagi sehingga dapat memberikan inovasi lebih banyak dan dalam penelitian selanjutnya perlu memperhatikan kelemahan-kelemahan dalam penelitian sebelumnya agar pembelajaran menjadi lebih efektif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Nov 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/63416 |
Actions (login required)
View Item |