Penerapan model discovery learning untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif siswa kelas IV SD Negeri Kedungwungu 01 Kabupaten Blitar / Risya Rizki Candrasari

Candrasari, Risya Rizki (2018) Penerapan model discovery learning untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif siswa kelas IV SD Negeri Kedungwungu 01 Kabupaten Blitar / Risya Rizki Candrasari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Candrasari Risya Rizki. 2018. Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas IV SDN Kedungwungu 01 Kabupaten Blitar. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ibrohim M.Si (II) Dr. Muhana Gipayana M.Pd. Kata Kunci discovery learning keterampilan proses sains hasil belajar kognitif Hasil observasi yang dilakukan di kelas IV SDN Kedungwungu 01 diketahui bahwa terdapat permasalahan pada muatan IPA tema sumber energi yaitu keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif siswa masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penerapan model discovery learning pada siswa kelas IV SDN Kedungwungu 01 Kabupaten Blitar (2) meningkatkan keterampilan proses sains melalui model discovery learning pada siswa kelas IV SDN Kedungwungu 01 Kabupaten Blitar dan (3) meningkatkan hasil belajar kognitif siswa melalui model discovery learning pada siswa kelas IV SDN Kedungwungu 01 Kabupaten Blitar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan deskriptif kualitatif yang dilakukan secara kolaboratif antara guru peneliti dan guru kelas IV. Prosedur PTK terdiri dari tiga siklus langkah-langkah tiap siklus antara lain (1) perencanaan (2) tindakan (3) pengamatan (4) refleksi. Subyek penelitian yaitu peneliti yang bertindak sebagai guru dan siswa kelas IV SDN Kedungwungu 01 yang berjumlah 19. Data yang diambil adalah penerapan model discovery learning keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi tes catatan lapangan dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterlaksanaan model discovery learning siklus I sebesar 69 99% siklus II sebesar 76 66% dan siklus III sebesar 83 33%. Keterlaksanaan pembelajaran mengalami peningkatan dari siklus I hingga siklus III. Tingkat ketuntasan keterampilan proses sains siswa pada siklus I sebesar 82 62% siklus II sebesar 85 12% dan siklus III sebesar 88 81%. Tingkat ketuntasan keterampilan proses sains siswa mengalami peningkatan dari siklus I hingga siklus III. Tingkat ketuntasan hasil belajar kognitif muatan IPA siklus I sebesar 36 84% siklus II sebesar 73 68% dan siklus III sebesar 84 21%. Tingkat ketuntasan hasil belajar kognitif muatan IPA siswa mengalami peningkatan dari siklus I hingga siklus III. Simpulan dalan penelitian ini adalah penerapan model discovery learning dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif muatan IPA siswa kelas IV SDN Kedungwungu 01 Kabupaten Blitar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63402

Actions (login required)

View Item View Item