Pengaruh model CIRC dan SQ3R terhadap kemampuan membaca pemahaman dan minat baca ditinjau dari gaya belajar siswa kelas IV SDN Kauman 1 Malang / Reny Lavenia

Lavenia, Reny (2018) Pengaruh model CIRC dan SQ3R terhadap kemampuan membaca pemahaman dan minat baca ditinjau dari gaya belajar siswa kelas IV SDN Kauman 1 Malang / Reny Lavenia. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lavenia Reny. 2018. Pengaruh Model CIRC dan SQ3R Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman dan Minat Baca Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas IV SDN Kauman 1 Malang. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar. Pascasarjana. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Anang Santoso M. Pd. (2) Dr. Parno M. Si. Kata Kunci model CIRC model SQ3R gaya belajar kemampuan membaca pemahaman minat baca. Potret kemampuan membaca pemahaman dan minat baca saat ini menurut beberapa penelitian sebelumnya dinyatakan dalam keadaan yang masih rendah. Pemerintah telah menerapkan program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) untuk masalah tersebut. Namun program tersebut belum sepenuhnya berhasil sehingga perlu adanya solusi lain. Hal tersebut dapat ditangani dengan menerapkan model CIRC dan model SQ3R. Kedua model tersebut dinilai sesuai karena memiliki sintaks khusus untuk kegiatan membaca. Namun dalam penerapanya juga dilakukan pengkajian dari gaya belajar siswa. Hal ini bertujuan untuk mengetahui model CIRC dan model SQ3R sesuai dengan gaya belajar siswa atau tidak. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model CIRC dan SQ3R terhadap kemampuan membaca pemahaman dan minat baca ditinjau dari gaya belajar siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi experimen dengan desain non equivalent control grup design. Populasi penelitian ini yaitu keseluruhan siswa kelas IV SDN Kauman 1 Malang yang berjumlah 92 siswa. Intrumen penelitian berupa tes kemampuan membaca pemahaman angket minat baca dan angket gaya belajar. Sebelum digunakan intrumen diuji kelayakannya terlebih dahulu dengan validasi ahli validasi empiris dan uji reliabilitas. Analisis data yang digunakan penelitian ini yaitu manova dan mancova. Sebelum dilakukan analisis data terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas uji homogenitas uji linieritas dan uji interkorelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh model CIRC terhadap kemampuan membaca pemahaman dan minat baca yang dibuktikan dengan nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel (11 838 4 001 dan 6 578 4 001) (2) ada pengaruh model SQ3R terhadap kemampuan membaca pemahaman dan minat baca yang dibuktikan dengan nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel (6 192 3 998 dan 9 653 3 998) (3) ada pengaruh gaya belajar terhadap kemampuan membaca pemahaman dan minat baca yang dibuktikan dengan nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel (49 486 3 095 dan 10 809 3 095) (4) ada pengaruh model CIRC terhadap kemampuan membaca pemahaman dan minat baca ditinjau dari minat baca ditinjau dari gaya belajar yang dibuktikan dengan nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel (5 479 4 001 dan 18 361 4 001) (5) ada pengaruh model SQ3R terhadap kemampuan membaca pemahaman dan minat baca ditinjau dari gaya belajar yang dibuktikan dengan nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel (11 358 3 998 dan 8 279 3 998). Selain itu model pembelajaran dan gaya belajar sama-sama memberikan pengaruh terhadap kemampuan membaca pemahaman dan minat baca sehingga dilakukan pengkajian lebih lajut. Hasilnya dari penelitian ini yaitu antara model pembelajaran dan gaya belajar tidak menunjukkan adanya interaksi terhadap kemampuan membaca pemhaman dan minat baca siswa. Artinya antara model pembelajaran dan gaya belajar memberikan pengaruh terhadap terhadap kemampuan membaca pemahaman dan minat baca secara terpisah atau tidak bersamaan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model CIRC dan SQ3R terhadap kemampuan membaca pemahaman dan minat baca ditinjau dari gaya belajar. Dari kesimpulan tersebut maka diberikan saran sebagai berikut (1) Bagi guru dalam pembelajaran khusunya yang melibatkan kemampuan membaca pemahaman dan minat baca sebaiknya menggunakan model CIRC dan model SQ3R. Selain itu dalam pembelajaran guru perlu memperhatikan gaya belajar siswa. Oleh karena itu perlu sekali mengetahui gaya belajar siswa agar tepat dalam memilih model pembelajaran. (2) Bagi kepala sekolah Sebaiknya kepala sekolah memberikan pelatihan tentang model CIRC dan model SQ3R kepada guru-guru. Hal ini betujuan agar guru-guru yang belum mengetahui model CIRC dan model SQ3R dapat mengetahui dan menerapkan dalam pembelajaran. Selain itu sebaiknya kepala sekolah mensosialisasikan pentingnya memperhatikan gaya belajar siswa. Dengan demikian guru akan lebih mudah memilihkan model pembelajaran dan siswa dapat belajar dengan maksimal dan (3) Bagi peneliti lain yang meneliti model CIRC dan model SQ3R dan melibatkan minat baca sebaiknya memadukan sintaks model dengan motivasi. Selain itu pengukuran minat baca dapat dilakukan pada setiap pertemuan agar perubahan minat baca dapat terekam secara rinci.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63401

Actions (login required)

View Item View Item