Arif, Rifda Mardian (2014) Pengembangan bahan ajar IPA terpadu model connected untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan prestasi belajar siswa SMP / Rifda Mardian Arif. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Arif Rifda Mardian. 2014. Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu Model Connected untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Prestasi Belajar Siswa SMP. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi IPA Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Markus Diantoro M.Si. (II) Dr. Sentot Kusairi M.Si. Kata Kunci pengembangan bahan ajar IPA terpadu model connected keterampilan proses sains prestasi belajar 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan analisis kebutuhan bahan ajar yang dilakukan di beberapa SMPN Kota Malang bahwa bahan ajar yang digunakan berasal dari forum MGMP atau dari penerbit/toko buku. Isi bahan ajar adalah bidang kajian fisika biologi dan kimia yang dijelaskan secara terpisah meskipun pada sampul tertulis IPA terpadu. Alternatif solusi yang dilakukan adalah dengan mengembangkan bahan ajar IPA terpadu yang dapat membantu siswa untuk belajar IPA dengan pendekatan sainstifik seperti yang diamanatkan oleh Kurikulum 2013. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan bahan ajar IPA Terpadu model connected yang teruji efektivitasnya dalam meningkatkan keterampilan proses sains dan prestasi belajar siswa SMP. 12288 12288 12288 12288 Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model berdasarkan Borg and Gall (2003). Produk yang dikembangkan adalah bahan ajar IPA Terpadu kelas VIII Sekolah Menengah Pertama dalam bentuk bahan ajar cetak. Instrumen penelitian berupa angket lembar observasi keterampilan proses sains dan tes prestasi belajar. Angket terdiri atas angket analisis ketersediaan dan kebutuhan bahan ajar angket validasi kelayakan bahan ajar dari ahli materi dan pengembangan bahan ajar angket penilaian bahan ajar dari guru IPA dan angket penilaian keterbacaan dan kepraktisan bahan ajar dari siswa kelas IX serta angket kepraktisan dari guru IPA dan siswa kelas VIII SMPN Kota Malang. 12288 12288 12288 12288 Hasil validasi bahan ajar dari ahli materi menunjukkan bahwa bahan ajar valid dan penilaian dari dua guru IPA menunjukkan bahwa bahan ajar baik dan layak digunakan dalam pembelajaran. Hasil analisis keterbacaan dan ketertarikan bahan ajar oleh 6 orang siswa kelas IX menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan sangat mudah terbaca dan sangat menarik bagi siswa. Uji efektivitas bahan ajar dilakukan dengan menggunakan desain posttest only control group. Pengujian efektivitas bahan ajar dilakukan selama 3 kali pertemuan dengan menggunakan metode pembelajaran penemuan terbimbing. Hasil keterampilan proses sains setelah perlakuan menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kedua kelas. Keterampilan proses sains pada kelas eksperimen lebih baik dari pada Keterampilan proses sains kelas kontrol. Hasil tes prestasi belajar setelah perlakuan menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kedua kelas. Nilai rata-rata prestasi belajar pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada nilai rata-rata prestasi belajar kelas kontrol. 12288 12288 12288 12288
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Sep 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/63400 |
Actions (login required)
View Item |