Korelasi antara motivasi dan sikap belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA berbasis masalah di sekolah dasar negeri gugus satu Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis / Fadlilah Aisah Aminy - Repositori Universitas Negeri Malang

Korelasi antara motivasi dan sikap belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA berbasis masalah di sekolah dasar negeri gugus satu Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis / Fadlilah Aisah Aminy

Aminy, Fadlilah Aisah (2014) Korelasi antara motivasi dan sikap belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA berbasis masalah di sekolah dasar negeri gugus satu Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis / Fadlilah Aisah Aminy. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Aminy Fadlilah Aisah. 2014. Korelasi antara Motivasi dan Sikap Belajar Peserta didik dalam Pembelajaran IPA Berbasis Masalah Di Sekolah Dasar Gugus Satu Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi Guru Kelas Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Agr. H. Moh. Amin S.Pd M.Si. (II) Dr. Umie Lestari. M.Si. Kata kunci pembelajaran berbasis masalah motivasi sikap 12288 12288 12288 Masalah yang dihadapi dunia pendidikan saat ini yaitu masalah lemahnya pelaksanaan proses pembelajaran yang diterapkan di sekolah. Salah satu indikator keberhasilan pendidikan disekolah adalah kualitas atau prestasi belajar peserta didik dan adanya perubahan perilaku peserta didik ke arah yang lebih baik. Oleh karena itu penentuan sebuah pendekatan dan metode pembelajaran yang tepat akan berperan penting menentukan keberhasilan perubahan paradigma pembelajaran berpusat kepada guru menjadi pembelajaran berpusat pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk menganalisis korelasi antara motivasi dan sikap peserta didik di kelas III Sekolah Dasar Gugus Satu Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis (2) Untuk menganalisis pelaksanaan pembelajaran berbasis masalah peserta didik dalam pembelajaran IPA di kelas III Sekolah Dasar Gugus Satu Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis. Problem Based Learning merupakan metode untuk mengembangkan keterampilan berfikir dan keterampilan mengatasi masalah mempelajari peran-peran orang dewasa dan menjadi pelajar yang mandiri. Motivasi adalah daya penggerak sebagai pendorong untuk melakukan kegiatan dalam mencapai tujuan. Sikap merupakan perilaku yang akan memmpengaruhi perubahan lingkungan termasuk lingkungan belajar. Oleh karena itu PBL dipilih sebagai salahsatu metode pembelajaran yang akan merangsang kreatifitas serta berpikir peserta didik dalam rangka memberikan pengaruh terhadap motivasi dan sikap belajar peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung. 12288 12288 Penelitian menggunakan rancangan korelasi. Sampel penelitian berjumlah 138 Peserta Didik dari populasi sebanyak 839 Peserta Didik. Data-data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan observasi dan angket. Instrumen penelitian diuji validitas dan reliabilitasnya melalui tahap uji coba instrumen. Penelitian dilakukan dengan melalui tahap persiapan pelaksanaan pengolahan data dan penulisan laporan. 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara motivasi dan sikap belajar peserta didik. Koefisien korelasi sebesar 0.987. Hasil ini mengisyaratkan adanya hubungan yang sangat kuat dengan arah hubungan yang positif antara Motivasi dengan Sikap. Hal ini dapat diartikan bahwa semakin besar motivasi belajar peserta didik maka sikap belajar peserta didik akan semakin tinggi. Dan sebaliknya semakin rendah motivasi belajar peserta didik maka sikap belajar peserta didik akan semakin rendah. 12288 12288 Kesimpulannya adalah adanya pengaruh dari proses PBL terhadap motivasi dan sikap belajar peserta didik. Sehingga dapat diajukan beberapa saran yang dapat dipertimbangkan bagi semua pihak yang berkepentingan sebagai berikut (1) Bagi guru khususnya guru IPA diharapkan mampu mengembangkan metode pembelajaran IPA yang disajikan secara variatif sesuai dengan kondisi dan kemampuan peserta didik. Hal tersebut bertujuan untuk membangkitkan keinginan belajar peserta didik sehingga peserta didik terdorong untuk berusaha mengembangkan kemampuan menyelesaikan masalah pada pembelajaran IPA (2) Bagi peserta didik untuk lebih meningkatkan keterampilan dalam belajar agar menambah pengalaman baru mencari referensi yang baru dan lebih aktif bertanya kepada guru sehingga peserta didik termotivasi untuk bersikap positif dalam proses pembelajaran (3) Bagi sekolah hasil penelitian ini dapat memberikan masukan dan sekaligus motivasi guru dalam memilih alternatif model pembelajaran dan strategi belajar yang dapat diterapkan pada mata pelajaran lain (4) Bagi peneliti lain diharapka dapat dijadikan sebagai salah satu acuan dalam pengembangan strategi pembelajaran dan untuk penelitian lanjutan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63399

Actions (login required)

View Item View Item