Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains dan pemahaman konsep IPA siswa pada materi cahaya / Verdiana Somi Koten

Koten, Verdiana Somi (2019) Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains dan pemahaman konsep IPA siswa pada materi cahaya / Verdiana Somi Koten. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi ABSTRAK Koten, Verdiana Somi. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Keterampilan Proses Sains dan Pemahaman Konsep IPA Siswa pada Materi Cahaya. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi Pendidikan IPA, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Sutopo. M. Si, (II) Dr. Suharti. S. Pd, M. Si. Kata Kunci: model inkuiri terbimbing, sifat-sifat cahaya dan keterkaitannya dengan indera penglihatan, pemahaman konsep, keterampilan proses sains. Tujuan pembelajaran IPA dijenjang SD ialah peserta didik dapat memahami konsep sifat-sifat cahaya dan keterkaitannya dengan indera penglihatan serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Peserta didik juga diharapkan dapat mengembangkan keterampilan proses sains yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains dan pemahaman konsep peserta didik terkait materi sifat-sifat cahaya dan keterkaitannya dengan indera penglihatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment (Eksperimen Semu). Subjek penelitiannya adalah peserta didik kelas IV, dimana kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan IVB sebagai kelas kontrol. penelitian ini dilaksanakan di SDK. Sta. Maria Assumpta Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur tahun pelajaran 2018/ 2019. Instrumen pengambilan data dilakukan dengan lembar observasi keterampilan proses sains dan soal test pemahaman konsep sebanyak 20 nomor. Analisis data pemahaman konsep menggunakan uji Mann Whitney. Analisis keterampilan proses sains dalam bentuk deskripsi. Data hasil analisis pengukuran pemahaman konsep menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai pemahaman konsep pada peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan peserta didik yang diajarkan dengan metode konvensional. Data hasil observasi keterampilan proses sains dari 6 indikator menunjukkan terdapat perbedaan keterampilan proses sains pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat perbedaan pemahaman konsep antara peserta didik yang dibelajarkan menggunakan model inkuiri terbimbing dengan peserta didik yang dibelajarkan dengan metode konvensional; (2) terdapat perbedaan keterampilan proses sains antara peserta didik yang dibelajarkan dengan model inkuiri terbimbing dengan peserta didik yang dibelajarkan dengan metode konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63398

Actions (login required)

View Item View Item