Pembelajaran tematik pada siswa kelas tinggi di sekolah dasar Santa Angela Atambua / Kristina E. Noya Nahak - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran tematik pada siswa kelas tinggi di sekolah dasar Santa Angela Atambua / Kristina E. Noya Nahak

Nahak, Kristina E. Noya (2019) Pembelajaran tematik pada siswa kelas tinggi di sekolah dasar Santa Angela Atambua / Kristina E. Noya Nahak. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Kristina. E. Noya Nahak. 2019. Pembelajaran Tematik Pada Siswa Kelas Tinggi di Sekolah Dasar Santa Angela Atambua. Tesis. Program Studi S2 Pendidikan Dasar. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M.Pd. (II) Prof. Dra. Utami Widiati M.A. Ph.D Kata Kunci Pembelajaran Tematik Perencanaan Pembelajaran Strategi Pembelajaran Hasil Pembelajaran. Pembelajaran tematik merupakan pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan berbagai kompetensi dan berbagai mata pelajaran ke dalam berbagai tema. Implementasi pembelajaran tematik di sekolah dasar merupakan hal yang urgen untuk selalu diteliti mengingat terdapat banyak kelebihan dari pembelajaran tematik terpadu (Integratif Thematic) pada kurikulum 2013 tetapi banyak guru yang mengalami kesulitan dalam menerapkan pembelajaran dengan pendekatan tematik terpadu mulai dari tahap perencanaan implementasi dan penilaian di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pelaksanaan pembelajaran tematik mulai dari tahap perencanaan pembelajaran strategi pembelajaran dan hasil pembelajaran di kelas tinggi Sekolah Dasar Santa Angela Atambua. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Santa Angela Atambua. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara observasi dan studi dokumen. Analisis data yang digunakan yakni teknik analisis data interaktif Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data reduksi data penyajian data dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan dapat diketahui bahwa 1) Guru secara berkelompok dalam kegiatan rapat kerja (raker) guru diberikan kebebasan untuk menyusun perencanaan pembelajaran tematik yang meliputi silabus dan RPP dengan pendekatan saintifik. 2) Strategi penyampaian pembelajaran diterapkan dengan menggunakan metode yang variatif yakni model pembelajaran berbasis masalah model pembelajaran eksperimen belajar penemuan metode diskusi tanya jawab penugasan galery walk dan pengenalan lingkungan sekitar dengan pendekatan saintifik. 3) Pelaksanaan Strategi pengelolaan pembelajaran tematik baik dengan penjadwalan pembelajaran tematik Adanya pencatatan kemajuan belajar peserta didik dalam aspek sikap dan pengetahuan pengelolaan motivasional yang diberikan guru kepada peserta didik dan kontrol belajar bagi peserta didik. 4) Hasil pembelajaran tematik diukur dengan menggunakan penilaian autentik yang memuat penilaian sikap pengetahuan dan keterampilan. 5) Dari hasil pembelajaran yang dicapai maka dapat dikatakan bahwa pembelajaran tematik yang dilaksanakan di kelas tinggi SD Santa Angela efektif dan efisien untuk memberikan pengalaman belajar serta memberikan daya tarik bagi peserta didik untuk belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63394

Actions (login required)

View Item View Item