Pengaruh pola asuh orang tua dan efikasi diri terhadap motivasi belajar IPS siswa SDN Tegalasri 4 Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar / Gendis Aprilia Larasati

Larasati, Gendis Aprilia (2019) Pengaruh pola asuh orang tua dan efikasi diri terhadap motivasi belajar IPS siswa SDN Tegalasri 4 Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar / Gendis Aprilia Larasati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi ABSTRAK Larasati, Gendis Aprilia, 2019, Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Efikasi Diri terhadap Motivasi Belajar IPS Siswa SDN Tegalasri 4 Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar. Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Wahjoedi, M.E.,M.Pd, (2) Prof. Dr. Sudarmiatin, M.Si. Kata Kunci: pola asuh orang tua, efikasi diri, motivasi belajar Pola asuh orang tua dan efikasi diri ialah hal penting untuk pendidikan anak. Jika komunikasi yang baik bisa terjalin diantara orang tua bersama anak, dengan begitu mendatangkan efek positif untuk perkembangan jiwa anak sehingga dalam dunia pendidikan, anak akan menjadi termotivasi agar lebih rajin belajar. Selain itu jika anak memiliki efikasi diri tinggi lebih mempunyai motivasi belajar tinggi pula.. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui (1) apakah ada pengaruh pola asuh otoriter terhadap motivasi belajar IPS siswa di SDN Tegalasri 4 Wlingi Blitar, (2) apakah ada pengaruh efikasi diri terhadap motivasi belajar IPS siswa di SDN Tegalasri 4 Wlingi Blitar, dan (3) apakah pola asuh otoriter dan efikasi diri bersama-sama mempengaruhi motivasi belajar IPS siswa di SDN Tegalasri 4 Wlingi Blitar. Penelitian ini memakai metode penelitian kuantitatif ex post facto dan survey. Semua siswa kelas 4,5 dan 6 SDN Tegalasri 4 merupakan populasi penelitian ini. Sampel penelitian terdiri dari 45 siswa. Pengumpulan data hasil pola asuh orang tua dan efikasi diri dilakukan dengan menyebar kuesioner. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi berganda dengan berbantuan program software statistical package for social science (SPSS) versi 24.0 for windows. Ditunjukkan dari hasil penelitian: (1) tidak terdapat pengaruh positif signifikan pola asuh otoriter terhadap motivasi belajar IPS siswa di SDN Tegalasi 4 Wlingi Blitar dengan sig 0,672, p > 0,05, (2) terdapat pengaruh positif signifikan efikasi diri terhadap motivasi belajar IPS siswa di SDN Tegalasri 4 Wlingi Blitar dengan sig 0,002, p < 0,05, dan (3) pola asuh otoriter dan efikasi diri secara bersama-sama memberi pengaruh positif signifikan terhadap motivasi belajar IPS siswa di SDN Tegalasri 4 Wlingi Blitar dengan sig 0,002, p < 0,05 Saran yang diberikan adalah (1) guru seyogyanya menjalin kerjasama dengan orang tua siswa untuk memotivasi siswa dalam belajar, (2) orang tua seyogyanya menggunakan pola asuh yang sesuai terhadap anak, dan (3) peneliti selanjutnya baiknya menghubungkan dengan variabel lain dan dengan lokasi yang berbeda sehingga penelitian ini bisa semakin berkembang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63392

Actions (login required)

View Item View Item