Kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah pecahan menggunakan model visual dan scaffoldingnya / Royyan Faradiba - Repositori Universitas Negeri Malang

Kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah pecahan menggunakan model visual dan scaffoldingnya / Royyan Faradiba

Faradiba, Royyan (2019) Kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah pecahan menggunakan model visual dan scaffoldingnya / Royyan Faradiba. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Faradiba Royyan. 2019. Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Pecahan Menggunakan Model Visual dan Scaffolding-nya. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Susiswo M.Si. dan (II) Dr. Abdur Rahman As ari M.Pd. M.A. Kata Kunci kesalahan model visual pecahan dan scaffolding Sebagian besar siswa masih banyak melakukan kesalahan dalam menyelesaikan masalah pecahan menggunakan model visual. Kesalahan yang dilakukan siswa ini perlu diatasi dengan mendeskripsikan kesalahannya dan memberikan alternatif bantuan berupa scaffolding yang sesuai dengan letak kesalahannya. Tujuan penelitian ini (1) Mendeskripsikan bentuk-bentuk kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah pecahan menggunakan model visual berdasarkan langkah Polya dan (2) Mendeskripsikan bentuk scaffolding berdasarkan kesalahan siswa yang dapat membantu siswa menyadari dan memperbaiki kesalahannya dalam menyelesaikan masalah pecahan menggunakan model visual. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Instrumen soal terdiri dari soal tes 1 (tes awal tes sebelum pemberian scaffolding) dan soal tes 2 (tes akhir tes setelah pemberian scaffolding) pedoman wawancara dan pedoman scaffolding. Soal tes (tes 1 dan tes 2) merupakan soal pecahan yang berbasis pemecahan masalah. Data penelitian ini merupakan kesalahan siswa yang tampak pada lembar jawaban siswa transkip percakapan selama wawancara dan pemberian scaffolding. Subjek penelitian terdiri dari dua orang siswa. Subjek penelitian ini kemudian diberikan scaffolding sesuai dengan letak kesalahannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek penelitian melakukan kesalahan dalam menyelesaikan masalah pecahan menggunakan model visual berdasarkan langkah pemecahan masalah Polya. Kesalahan memahami masalah yaitu kesalahan dalam mencari informasi mengenai masalah. Kesalahan ini dibantu dengan scaffolding level 2 yaitu explaining dan reviewing. Kedua kesalahan siswa dalam menyusun rencana penyelesaian yaitu kesalahan dalam membuat arahan untuk merencanakan strategi atau model yang tepat untuk menyelesaikan masalah. Kesalahan ini dibantu dengan scaffolding level 2 yaitu reviewing dan restructuring. Ketiga kesalahan dalam melaksanakan rencana penyelesaian yaitu kesalahan dalam mengimplementasikan penyelesaian masalah sesuai dengan pendekatan strategi dan model yang dipilih. Kesalahan ini dibantu dengan scaffolding level 2 yaitu reviewing dan restructuring serta scaffolding level 3 yaitu developing conceptual thinking. Terakhir kesalahan dalam memeriksa kembali yaitu siswa tidak mengecek hasil yang diperoleh ke masalah awal dan tidak menguji/meninjau kebenaran jawaban yang diperoleh. Kesalahan ini dibantu dengan scaffolding level 2 yaitu reviewing dan scaffolding serta level 3 yaitu developing conceptual thinking.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Mar 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63387

Actions (login required)

View Item View Item