Pengaruh model discovery learning berbantuan media benda nyata terhadap keterampilan berpikir kritis dan pemahaman konsep IPA siswa kelas IV SDN Nguling 1 Pasuruan / Henik Nur Khofiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model discovery learning berbantuan media benda nyata terhadap keterampilan berpikir kritis dan pemahaman konsep IPA siswa kelas IV SDN Nguling 1 Pasuruan / Henik Nur Khofiyah

Khofiyah, Henik Nur (2019) Pengaruh model discovery learning berbantuan media benda nyata terhadap keterampilan berpikir kritis dan pemahaman konsep IPA siswa kelas IV SDN Nguling 1 Pasuruan / Henik Nur Khofiyah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Khofiyah Henik Nur. 2019. Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Benda Nyata terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas IV SDN Nguling 1 Pasuruan. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Anang Santoso M.Pd. (II) Prof Dr. Sa dun Akbar M.Pd. Kata Kunci discovery learning media benda nyata keterampilan berpikir kritis pemahaman konsep IPA Pada abad ke-21 guru memfasilitasi siswa untuk memiliki keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS). Salah satu bagian dari HOTS adalah berpikir kritis. Kemampuan ini lebih utama diasah pada jenjang sekolah dasar. Selain kemampuan berpikir kritis kemampuan siswa dalam memahami konsep IPA juga harus menjadi perhatian guru. Kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep IPA dapat dikembangkan melalui model pembelajaran yang tepat. Model discovery learning merupakan rangkaian kegitan yang mengarahkan siswa untuk menemukan sebuah gagasan melalui pengalamannya. Kegiatan penemuan dibantu dengan penggunaan media benda nyata. Tujuan penelitian ini adalah a) mengetahui keterampilan berpikir kritis siswa yang belajar melalui discovery learning berbantuan media benda nyata lebih tinggi dibandingkan siswa yang belajar menggunakan discovery learning b) mengetahui pemahaman konsep IPA siswa yang belajar melalui discovery learning berbantuan media benda nyata lebih tinggi dibandingkan siswa yang belajar menggunakan discovery learning. Penelitian ini termasuk quasi eksperiment dengan rancangan Posttest-Only Control Group Design. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Nguling 1 Pasuruan. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah probability sampling yang berarti menggunakan semua siswa kelas IV sebanyak 48 siswa. Instrumen pada penelitian ini menggunakan soal uraian berpikir kritis dan pemahaman konsep IPA. Instrumen yang digunakan telah melalui tahap validasi ahli validasi empiris dan uji reliabilitas. Analisis data menggunakan Uji t yang dilakukan setelah uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan rata-rata kemampuan berpikir kritis antara kelas yang menerapkan model discovery learning berbantuan media benda nyata dengan kelas yang menerapkan model discovery learning yang dibuktikan dengan t hitung lebih besar dari t tabel (2 718 2 012) rata-rata keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas ekperimen sebesar 82 3 dan pada kelas kontrol sebesar 73 5. Atau didapatkan data bahwa keterampilan berpikir kritis x eksperimen x control (2) ada perbedaan rata-rata pemahaman konsep antara kelas yang menerapkan model discovery learning berbantuan media benda nyata dengan kelas yang menerapkan model discovery learning yang dibuktikan dengan t hitung lebih besar dari t tabel (2 057 2 012) rata-rata pemahaman konsep IPA siswa pada kelas ekperimen sebesar 83 3 dan vi pada kelas kontrol sebesar 76 9. Atau didapatkan data bahwa pemahaman konsep IPA x eksperimen x kontrol. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (a) Keterampilan berpikir kritis siswa yang belajar dengan model discovery learning berbantuan media benda nyata lebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan model discovery learning. (b) Pemahaman konsep IPA siswa yang belajar dengan model discovery learning berbantuan media benda nyata lebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan model discovery learning.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Mar 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63386

Actions (login required)

View Item View Item