Berpikir kreatif siswa sekolah dasar dalam menyelesaikan masalah open ended / Dewi Sri Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Berpikir kreatif siswa sekolah dasar dalam menyelesaikan masalah open ended / Dewi Sri Lestari

Lestari, Dewi Sri (2019) Berpikir kreatif siswa sekolah dasar dalam menyelesaikan masalah open ended / Dewi Sri Lestari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Lestari D. S. 2019. Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Masalah Open Ended. Tesis Jurusan Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Erry Hidayanto M. Si. (2) Dr. Sudirman M. Si. Kata Kunci Berpikir Kreatif Masalah Open Ended. Kreativitas adalah sesuatu yang penting dalam pendidikan khususnya dalam pembelajaran matematika karena ini dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah. Walaupun kreativitas sudah menjadi tujuan dalam pembelajaran matematika namun implementasi pembelajaran yang mendorong berpikir kreatif siswa masih jauh dari harapan. Oleh karena itu diperlukan proses berpikir kreatif untuk mengembangkan berpikir kreatif siswa. Proses berpikir kreatif yang dikembangkan oleh Wallas terdiri dari persiapan inkubasi iluminasi dan verifikasi. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif untuk mengidentifikasi berpikir kreatif siswa menggunakan soal yang berbentuk open ended berdasarkan tahapan Wallas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan pedoman wawancara. Soal tes merupakan soal open ended untuk melihat berpikir kreatif siswa yang kreatif kurang kreatif dan tidak kreatif. Sedangkan wawancara dilakukan untuk melengkapi data dalam penelitian. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa proses berpikir siswa yang kreatif memenuhi empat tahapan Wallas yang terdiri dari persiapan yaitu membaca soal dan mencari informasi dari soal inkubasi yaitu merenung memerlukan waktu untuk menyelesaikan soal iluminasi yaitu merancang ide penyelesaian dan verifikasi yaitu menerapkan ide penyelesaian dalam menyelesaikan soal open ended. Pada siswa yang kurang kreatif memenuhi tiga tahapan Wallas yang terdiri dari persiapan yaitu masih bingung namun mencoba memahami soal inkubasi yaitu merenung mencari penyelesaian soal dan iluminasi yaitu menemukan strategi penyelesaian soal. Sedangkan siswa yang tidak kreatif hanya memenuhi dua tahapan Wallas yang terdiri dari persiapan yaitu masih bingung menyelesaikan soal namun mencoba mengutarakan pemahamannya terhadap informasi soal dan inkubasi yaitu tidak tenang serta memainkan alat tulis.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Mar 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63385

Actions (login required)

View Item View Item