Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal TIMMS serta scaffoldingnya / Nabilah Mansur - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal TIMMS serta scaffoldingnya / Nabilah Mansur

Mansur, Nabilah (2019) Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal TIMMS serta scaffoldingnya / Nabilah Mansur. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Mansur Nabilah. 2018. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal TIMSS Serta Scaffolding-Nya. Tesis. Jurusan Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Abdur Rahman As ari M.Pd M.A. (II) Dr. Erry Hidayanto M.Si. Kata Kunci Analisis Kesalahan Soal TIMSS dan Scaffolding Analisis kesalahan merupakan kegiatan penyelidikan dan penguraian data mengenai kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal. Kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal sering terjadi mengindikasikan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam mempelajari materi tersebut. Kesalahan siswa juga terjadi ketika menyelesaikan soal TIMSS. Oleh karena itu analisis lebih lanjut terhadap kesalahan perlu dilakukan sehingga guru dapat memperbaiki kesalahan siswa. Selanjutnya hasil analisis kesalahan tersebut digunakan sebagai bahan untuk memperbaiki kesalahannya dengan pemberian scaffolding. Scaffolding merupakan salah satu upaya dalam membantu siswa yang mengalami kesalahan dalam menyelesaikan soal TIMSS. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan bentuk-bentuk kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal TIMSS dan (2) Mendeskripsikan scaffolding berdasarkan kesalahan siswa yang dapat membantu siswa menyadari dan memperbaiki kesalahannya dalam menyelesaikan soal TIMSS. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari 2 siswa yang berasal dari siswa kelas VIII MTs Daarul Ulum Blitar. Pada penelitian ini peneliti bertindak sebagai instrumen utama peneliti menggunakan instrumen soal (soal tes 1 dan soal tes 2) pedoman wawancara dan pedoman scaffolding. Data penelitian ini adalah jenis kesalahan siswa yang tampak pada lembar jawaban siswa serta transkripsi percakapan selama wawancara dan pemberian scaffolding. Analisis data dilakukan dengan cara melakukan pereduksian data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 5 bentuk kesalahan dalam menyelesaikan soal TIMSS yaitu (1) kesalahan dalam urutan bilangan (2) kesalahan dalam menetapkan jarak antar bilangan dalam garis bilangan (3) kesalahan dalam dua perkalian dua bilangan negatif ( 8722 119886 8722 119887 ) (4) Kesalahan dalam pengurangan bilangan negatif ( 119886 8722 ( 8722 119887 )) dan (5) Kesalahan dalam perkalian desimal. Scaffolding diberikan untuk mengatasi kesalahan-kesalahan tersebut adalah scaffolding level 2 yaitu reviewing dan restructuring yang berupa pertanyaan dan pernyataan arahan dapat membantu siswa menyadari dan memperbaiki kesalahan siswa. Scaffolding diberikan dengan mempertimbangkan pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63384

Actions (login required)

View Item View Item