Nengsih, Luluk Wahyu (2019) Representasi pemecahan masalah matematika siswa sekolah dasar dengan gaya kognitif field dependent yang memiliki kemampuan analisis baik (studi kasus pada siswa kelas IV C SD Islam Mohammad Hatta) / Luluk Wahyu Nengsih. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i RINGKASAN Kusmawati Wahyuni. 2018. Pengembangan Permainan Gerak Lokomotor dan Manipulatif dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Siswa Kelas IV SDN Toyomarto 2 Singosari . Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Siti Nurrochmah M.Kes. (II) Drs. Sugiyanto M.Pd. Kata Kunci permainan gerak lokomotor dan manipulatif pembelajaran PJOK. Di SDN Toyomarto 2 pada waktu pembelajaran gerak lari lompat lempar dan tangkap peserta didik kurang tertarik dengan penyajian materi dari pendidik karena pendidik tidak menggunakan aktivitas bermain. Untuk mengatasi masalah tersebut solusinya penting dilakukan penelitian dan pengembangan tentang pembelajaran gerak lari lompat lempar dan tangkap berbasis permainan melalui penelitian dan pengembangan dengan judul Pengembangan Permainan Gerak Lokomotor dan Manipulatif dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Siswa Kelas IV SDN Toyomarto 2 Singosari . Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan pembelajaran gerak lokomotor manipulatif berbasis permainan yang lebih menarik menyenangkan dan mudah untuk dilakukan oleh peserta didik SDN Toyomarto 2 Singosari. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model konseptual dan prosedural. Instrumen yang digunakan berupa instrumen non tes bentuk angket dan wawancara. Jenis data yang terkumpul termasuk jenis data kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan berupa teknik analisis data kualitatif dan deskriptif bentuk presentase. Hasil analisis data validasi diperoleh (1) validasi ahli pembelajaran gerak diperoleh hasil 82 78% (produk dinyatakan sangat valid) (2) validasi ahli permainan diperoleh hasil 83 57% (produk dinyatakan sangat valid) (3) validasi ahli pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan diperoleh hasil 84 29% (produk dinyatakan sangat valid) dan (4) media diperoleh hasil 85 53% (produk dinyatakan sangat valid) (5) uji coba kelompok kecil diperoleh hasil 81 79% (produk dinyatakan valid) (6) uji coba kelompok besar diperoleh hasil 87 80% (produk dinyatakan sangat valid). Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian dan pengembangan tentang produk permainan gerak lokomotor dan manipuatif dalam pembelajaran pendidikan jasmani siswa kelas IV SDN Toyomarto 2 Singosari yaitu (1) evaluasi ahli menyatakan produk yang dikembangkan memiliki unsur kesesuaian materi keamanan dan kemanfaatan alat dan bahan keefektifan serta kemenarikan permainan (2) uji coba kelompok besar calon pengguna menyatakan produk pengembangan permainan gerak lokomotor dan manipuatif memiliki unsur kemenarikan kemudahan keefektifan serta tujuan permainan. (3) produk dapat membantu proses pembelajaran materi gerak lokomotor dan manipulatif. Saran bagi pengembangan permainan gerak lokomotor manipulatif adalah (1) produk tersebut dapat dilanjutkan pada penelitian uji efektifitas produk (2) dapat digunakan pendidik sebagai alternatif pembelajaran materi gerak lokomotor manipulatif dalam bentuk permainan pada siswa kelas IV SDN Toyomarto 2 Singosari.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Feb 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/63383 |
Actions (login required)
View Item |