Magfirah, Ainun (2019) Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media audiovisual terhadap keterampilan proses sains dan penguasaan konsep IPA siswa kelas IV SDN Tanjungrejo 2 Malang / Ainun Magfirah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Magfirah Ainun. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Audiovisual Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep IPA Siswa Kelas IV SDN Tanjungrejo 2 Malang.Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi IPA Pascasarjana Universitas Negeri malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Arif Hidayat M.Si. (2) Dr. Susriyati Mahanal M.Pd Kata kunci inkuiri terbimbing media audiovisual keterampilan proses sains penguasaan konsep. Pembelajaran IPA di sekolah diharapkan dapat memberikan pengalaman secara langsung kepada siswa melalui proses belajar ilmiah. Keterampilan proses sains merupakan keterampilan yang sangat diperlukan dalam pembelajaran IPA karena merupakan suatu proses yang harus dialami dan harus dilaksanakan dalam perolehan konsep IPA dan tidak dapat dipisahkan dari praktik-praktik IPA serta memainkan peran penting dalam pembelajaran IPA. Selain keterampilan proes sains penguasaan konsep IPA sangat penting didapatkan oleh siswa agar dapat mengembangkan kemampuan untuk menerapkan fakta/konsep prinsip hukum dan teori-teori yang digunakan oleh para ilmuan untuk menjelaskan dan memprediksi pengamatan dari alam memecahkan masalah dengan menggunakan konsep-konsep yang telah dipelajari serta melatih siswa berpikir dan bersikap ilmiah. Salah satu perubahan yang inovatif untuk mencapai keterampilan proses sains dan penguasaan konsep IPA dapat dilakukan melalui proses pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media audiovisual. hal ini dikarenakan pembelajaran inkuiri terbimbing memberikan lebih banyak kesempatan pada siswa untuk belajar secara langsung dan mendapatkan pemahaman konsep yang lebih mendalam menumbuhkan keterampilan proses sains dan bersikap ilmiah dalam menyusun pengetahuan baru. Media audioisual digunakan agar memudahkan siswa dalam memahami penjelasan materi yang abstrak sehingga menjadi lebih nyata dan meningkatkan motivasi siswa saat proses pembelajaran sehingga siswa menjadi lebih aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media audiovisual terhadap keterampilan proses sains dan penguasaan konsep IPA siswa. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen semu dengan pretest-posttest control group design. Subjek penelitian adalah kelas IV dimana kelas IV-A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV-B sebagai kelas kontrol. Penelitian dilaksanakan pada tahun ajaran 2018/2019. Pengumpulan data pada keterampilan proses sains diukur dengan teknik observasi dan tes berupa soal essai dan penguasaan konsep diukur dengan tes pilihan ganda. Data dianalisis menggunakan uji ANACOVA setelah dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa (1) terdapatpengaruh yang signifikanpadaketerampilan proses sainssiswa yang dibelajarkandengan model inkuiriterbimbingberbantuan media audiovisual dibandingkandengansiswa yang belajardengan model pembelajaraninkuiriterbimbing (2) terdapatpengaruh yang signifikanpadapenguasaankonsepsiswa yang dibelajarkandenganmodel inkuiriterbimbingberbantuan media audiovisual dibandingkandengansiswa yang belajardengan model pembelajaraninkuiriterbimbing.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Jan 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/63382 |
Actions (login required)
View Item |