Pengembangan bahan ajar berbasis realistic mathematics education (RME) untuk mendukung kemampuan literasi matematis siswa SMP kelas VIII / Elly Mardiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar berbasis realistic mathematics education (RME) untuk mendukung kemampuan literasi matematis siswa SMP kelas VIII / Elly Mardiana

Mardiana, Elly (2019) Pengembangan bahan ajar berbasis realistic mathematics education (RME) untuk mendukung kemampuan literasi matematis siswa SMP kelas VIII / Elly Mardiana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Mardiana Elly. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Bercirikan Realistic Mathematics Education (RME) untuk Mendukung Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP Kelas VIII. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Cholis Sa dijah M.Pd M.A (2) Dr. Abdul Qohar M.T Kata Kunci Pengembangan bahan ajar RME kemampuan literasi matematis Literasi matematis merupakan kemampuan peserta didik untuk menggunakan matematika dalam kehidupan sehari-hari.Dalam suatu pembelajaran pemilihan pendekatan pembelajaran harus sesuai dengan tujuan pembelajaran. Pendekatan pembelajaran yang mampu mengaitkan konsep pembelajaran matematika kedalam konteks kehidupan nyata adalah Realistic Mathematics Education (RME). Selain pendekatan pembelajaran bahan ajar juga penting untuk diperhatikan. Karena bahan ajar merupakan bagian dari sumber belajar Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar berbasis Realistic Mathematics Education (RME) yang mampu mendukung kemampuan literasi matematis siswa SMP kelas VIII yang valid praktis dan efektif. Bahan ajar yang dihasilkan yaitu berupa buku siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model Plomp. Model Plomp ini terdiri atas tahap (1) investigasi awal (Preliminary Investigation) (2) tahap prototipe (prototype phase) (3) tahap penilaian (assesment phase). Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data dianalisis kemudian dicocokkan dengan kriteria kevalidan kepraktisan dan keefektifan bahan ajar berbasis RME. Hasil uji kevalidan buku siswa diperoleh dari validator ahli dan praktisi memperoleh rata-rata persentase penilaian sebesar 91 3% dengan kriteria sangat valid. Hasil uji kepraktisan diperoleh dari angket respon siswa dan memperoleh rata-rata persentase penilaian sebesar 91 3% dengan kriteria sangat praktis tanpa revisi. Sedangkan hasil uji keefektifan diperoleh dari hasil observasi aktivitas siswa dan hasil belajar. Berdasarkan hasil observasi oleh dua observer diperoleh skor rata-rata 3 65 dengan kriteria sangat efektif selain itu hasil belajar siswa menunjukan 84% siswa memenuhi nilai KKM sehingga menunjukan kriteria sangat efektif. Bedasarkan hasil tersebut bahan ajar berbasis Realistic Mathematics Education (RME) untuk mendukung kemampuan kemampuan literasi matemtis siswa SMP kelas VIII memenuhi kriteria valid praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63380

Actions (login required)

View Item View Item