Analisis berpikir kritis siswa tunagrahita dalam memecahkan masalah perkalian / Halimah

Halimah (2019) Analisis berpikir kritis siswa tunagrahita dalam memecahkan masalah perkalian / Halimah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Halimah. 2018. Analisis Berpikir Kritis Siswa Tunagrahita Dalam Memecahkan Masalah Perkalian. Tesis, Jurusan Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Sudirman, M.Si., (2) Dr. Subanji, M.Si. Kata Kunci: berpikir kritis, siswa tunagrahita, pemecahan masalah perkalian. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tuntutan kurikulum SMPLB yang menekankan pemberian masalah dalam pembelajaran di sekolah, sehingga kemampuan berpikir kritis perlu dimiliki oleh siswa tunagrahita sekalipun siswa tersebut berkebutuhan khusus. Berpikir kritis memudahkan siswa memahami konsep, peka terhadap masalah yang terjadi, menemukan solusi yang tepat dan mampu mengaplikasikan konsep dalam situasi yang berbeda. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskrepsikan berpikir kritis siswa tunagrahita dalam memecahkan masalah berdasarkan indikator berpikir kritis. Adapun materi yang dipilih merupakan materi perkalian. Pendekatan penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Subjek penelitian terdiri dari empat siswa tunagrahita tipe ringan kelas VIII di SMPLB Negeri Kota Malang dengan 2 siswa mampu berkomunikasi dan mengungkapkan pendapat atau jalan pikirannya(dikategorikan mandiri) dan 2 siswa lainnya hanya mampu berkomunikasi tapi mengalami kesulitan dalam menuliskan pendapat atau jalan pikirannya (dikategorikan arahan). Data penelitian dikumpulkan melalui metode tes dan metode wawancara. Metode tes menggunakan tes pemecahan masalah perkalian yang terdiri dari 3 nomor meliputi apa yang salah (nomor 1 & 2) dan apa yang harus dilakukan (nomor 3) yang telah divalidasi oleh validator ahli. Pengecekan kredibilitas data penelitian menggunakan teknik triangulasi metode yaitu mengecek data yang diperoleh dengan menggunakan metode tes dan metode wawancara. Setelah data terkumpul, kemudian dilakukan tenik analisis data dengan menggunakan analisis data kualitatif melalui proses reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan kesimpulan/verifikasi (concluson drawing/verification). Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa tunagrahita kategori mandiri dapat memenuhi semua indikator berpikir kritis yaitu menyebutkan pokok permasalahan, menyebutkan fakta-fakta yang membatasi masalah, menyebutkan kemungkinan cara dan jawaban, menganalisis cara dan jawaban, menyebutkan alasan jawaban yang didapat, dan memeriksa kembali jawaban. Adapun siswa tunagrahita kategori arahan perlu bimbingan, arahan, dan petunjuk peneliti sehingga hanya tiga dari enam indikator yang dapat mereka penuhi yaitu menganalisis pilihan jawaban, menyebutkan alasan jawaban yang didapat, dan memeriksa kembali jawaban. Untuk tiga indikator lain yaitu menyebutkan pokok permasalahan, menyebutkan fakta yang membatasi masalah, menyebutkan kemungkinan-kemungkinan cara dan jawaban siswa kategori ini dikatakan tidak ii memenuhi dikarenakan peneliti yang memberitahukan permasalahan apa yang dihadapi dan cara apa yang harus mereka lakukan untuk menyelesaikan soal. Berdasarkan hasil tersebut, maka disarankan untuk peneliti selanjutnya agar memperluas lagi lingkup pengambilan subjek dan penambahan jumlah subjek sehingga lebih memperkuat kredibilitas penelitian. Dan selanjutnya, juga menggunakan materi lain selain perkalian dan jenjang yang berbeda dari yang dilakukan dalam penelitian ini. Penggunaan media atau benda konkrit juga disarankan dalam pemberian soal pemecahan masalah untuk siswa tunagrahita. Dan dalam penyusunan soalnya pun harus benar-benar memperhatikan karakter siswa tunagrahita, disarankan disajikan dengan visual yang menarik dan menggunakan gambar dan pembendaharaan kata yang sederhana sehingga mudah dipahami oleh siswa tunagrahita.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63379

Actions (login required)

View Item View Item