Analisis implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik terpadu kurikulum 2013 SDN Purwoasri 2 dan SDN Mranggen Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri / Novika Auliayana Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik terpadu kurikulum 2013 SDN Purwoasri 2 dan SDN Mranggen Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri / Novika Auliayana Sari

Sari, Novika Auliyana (2019) Analisis implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik terpadu kurikulum 2013 SDN Purwoasri 2 dan SDN Mranggen Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri / Novika Auliayana Sari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Auliyana Sari Novika. 2018. Analisis Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Kurikulum 2013 SDN Purwoasri 2 dan SDN Mranggen Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sa dun Akbar M.Pd (II) Dr. Yuniastuti S.H. M.Pd Kata Kunci pendekatan saintifik kurikulum 2013 sekolah dasar. Implementasi pendekatan saintifik pada pembelajaran tematik terpadu Kurikulum 2013 sudah diterapkan sejak tahun 2013 namun pelaksanaannya belum merata. Salah satu sekolah dasar di wilayah Kediri yang menerapkan Kurikulum 2013 yaitu SDN Purwoasri 2 dan SDN Mranggen Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik terpadu Kurikulum 2013 yang meliputi (1) perencanaan pembelajaran (2) pelaksanaan pembelajaran (3) penilaian pembelajaran (4) kendala yang dialami guru dalam pembelajaran (5) upaya guru untuk mengatasi kendala (6) dampak implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik terpadu Kurikulum 2013. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus multisitus. Subjek penelitian dalam penelitian ini yaitu guru kelas V SDN Purwoasri 2 dan guru kelas IV SDN Mranggen. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi wawancara dan studi dokumen. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik analisis data situs tunggal dan data lintas situs. Hasil penelitian menunjukkan (1) perencanaan guru membuat RPP sesuai komponen Kurikulum 2013 (2) pelaksanaan guru menggunakan tematik dengan memadukan mata pelajaran pada Kompetensi Dasar dan kegiatan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik (3) penilaian mencakup pengetahuan sikap dan keterampilan (4) hambatan terbatasnya waktu membuat RPP kurang variasi dalam mengajar sulit memunculkan kegiatan menanya sarana prasarana yang kurang dan penilaian (5) upaya guru menyusun RPP pertema menciptakan pembelajaran yang bervariasi menggunakan media dan lingkungan sekitar mengikuti BIMTEK K13 dan KKG tentang penilaian (6) dampak pengetahuan siswa lebih direndah dibandingkan keterampilan dan sikap siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63378

Actions (login required)

View Item View Item