Sintya, Yuke Rindayu (2019) Pengembangan multimedia interaktif pada pembelajaran tematik subtema bagaimana tubuh mengolah makanan kelas V sekolah dasar / Yuke Rindayu Sintya. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Sintya Yuke Rindayu. 2018. Pengembangan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Tematik Subtema Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan Kelas V Sekolah Dasar. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Eddy Sutadji M.Pd (2) Prof. Dr. Ery Tri Djatmika R.W.W. M.A. M.Si. Kata Kunci Multimedia Interaktif Pembelajaran Tematik Berdasarkan analisis kebutuhan yang dilakukan peneliti terhadap siswa Kelas V SDN Tasikmadu 1 Kota Malang diperoleh data yaitu siswa kurang antusias dan kurang aktif dalam belajar. Media yang paling sering digunakan dalam pembelajaran yaitu buku yang memiliki keterbatasan dalam menyajikan materi yang bersifat abstrak buku kurang dapat memfasilitasi perbedaan gaya belajar siswa kurangnya pemanfaatkan fasilitas teknologi yang tersedia kurangnya media pembelajaran yang dapat memotivasi dan menarik minat siswa dalam belajar. Jika hal ini tetap dibiarkan dikhawatirkan dapat berpengaruh kepada aktivitas belajar hasil belajar motivasi dan minat belajar siswa. Salah satu alternatif yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan pemanfaatan multimedia interaktif sebagai media pembelajaran. Tujuan penelitian dan pengembangan ini yaitu menghasilkan produk multimedia interaktif pada pembelajaran tematik subtema Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan untuk kelas V SD yang dilengkapi dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Petunjuk Penggunaan Multimedia Interaktif yang Layak dengan Memenuhi Kriteria Kevalidan Kepraktisan Kemenarikan dan Keefektifan. Model yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Model Lee Owens yang memiliki lima langkah yaitu (1) Analisis (2) Desain (3) Pengembangan (4) Implementasi dan (5) Evaluasi. Analisis data yang digunakan yaitu kuantitatif dan kualitatif. Keefektifan produk dilakukan dengan eksperimen semu yaitu menggunakan non-equivalent control group design. Multimedia interaktif ini telah layak digunakan dalam pembelajaran tematik karena terbukti dapat memenuhi kriteria kevalidan kemenarikan kepraktisan dan keefektifan. Kevalidan multimedia didapatkan rata-rata persentase 89 9% dengan kriteria sangat valid. Kepraktisan multimedia didapatkan rata-rata persentase 94 5% dengan kriteria sangat praktis. Kemenarikan multimedia didapatkan rata-rata 96% dengan kriteria sangat menarik. Keefektifan multimedia didapatkan dari perbandingan hasil tes siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen pada saat uji lapangan. Hasil uji Anacova diperoleh nilai signifikansi sebesar 0 000 atau
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Jan 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/63377 |
Actions (login required)
View Item |