Pengembangan multimedia interaktif program remedial membaca permulaan siswa kelas 1 SD / Suci Anggraeni

Anggraeni, Suci (2019) Pengembangan multimedia interaktif program remedial membaca permulaan siswa kelas 1 SD / Suci Anggraeni. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anggraeni, Suci. 2018. Pengembangan Multimedia Interaktif Program Remedial Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Suyono, M. Pd., (II) Dr. Dedi Kuswandi, M,Pd. Kata Kunci : multimedia interaktif, membaca permulaan Membaca permulaan di kelas I SD sangat berperan penting sebagai dasar letak keberhasilan dalam kegiatan belajar siswa. Pentingnya membaca permulaan dapat ditinjau dari tujuannya yaitu siswa dapat menguasai teknik membaca, pemahaman isi/informasi, menumbuhkan kebiasaan membaca, dan digunakan sebagai dasar membaca lanjut. Hasil analisis dan kebutuhan awal diperoleh informasi bahwa siswa kelas I SD mengalami kesulitan membaca seperti: kesulitan dalam membaca simbol huruf yang mirip (seperti huruf b, d, p, g, j, l, m, n, u, s, c), kesulitan dalam membaca gabungan huruf vokal (ai, ua, iu, oa), kesulitan membaca gabungan huruf konsonan (seperti huruf ng, ny), dan mengeja suku kata. Siswa mengeja dengan sangat lambat, jeda yang terlalu lama, dan intonasi yang lemah. Tujuan penelitian pengembangan ini yaitu menghasilkan multimedia interaktif program remidial membaca permulaan siswa kelas I yang layak (valid, praktis, menarik) dan efektif sehingga model pengembangan yang digunakan yaitu Lee & Owens (2004) dengan tahapan yaitu (1) analisis: analisis kebutuhan dan analisis awal-akhir, (2) desain, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Madyopuro 2 Malang dengan subjek penelitian terdiri dari ahli materi, ahli media, guru dan siswa kelas I SD melalui: tahap validasi, uji coba terbatas, dan uji lapangan. Hasil uji kevalidan produk dari penilaian ahli media dan ahli materi diperoleh tingkat kevalidan produk yaitu 89,84 % (sangat valid). Hasil perolehan dari keterlaksanaan pada uji coba dan uji coba lapangan menunjukkan tingkat kepraktisan produk yaitu 93,53 % (sangat praktis) dan tingkat kemenarikan produk yaitu 99,07 % (sangat menarik). Hasil uji keefektifan produk dilihat dari tes tulis (pengetahuan) dan tes membaca (kinerja) dengan menggunakan Pre-Experimental Design Tipe One Group Pretest Postest pada kelompok tunggal. Hasil perhitungan tes tulis 2,663 > 1,812 artinya t hitung > t tabel terdapat perbedaan antara pengetahuan siswa sebelum dan sesudah menggunakan multimedia interaktif. Hasil perhitungan tes membaca 2,422 > 1,812 artinya t hitung > t tabel terdapat perbedaan antara kemampuan membaca atau performa siswa dalam membaca sebelum dan sesudah menggunakan multimedia interaktif. Multimedia interaktif ini disarankan untuk dimanfaatkan dalam kegiatan pembelajaran remedial membaca permulaan dan dapat digunakan oleh semua guru dan siswa kelas I SD karena metode membaca yang digunakan dan materinya sesuai dengan karakteristik siswa kelas I SD. Sebagai tindak lanjut, dapat dikembangkan multimedia interaktif yang serupa dengan konten dan metode membaca lain yang sesuai karakteristik siswa kelas I SD.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63376

Actions (login required)

View Item View Item