Pengembangan media CAI (Computer Assisted Instruction) interaktif dalam pembelajaran IPS materi pahlawanku untuk siswa kelas IV di SDN Marmoyo Jombang / Mohammad Irfan Ferdiansyah

Ferdiansyah, Mohammad Irfan (2019) Pengembangan media CAI (Computer Assisted Instruction) interaktif dalam pembelajaran IPS materi pahlawanku untuk siswa kelas IV di SDN Marmoyo Jombang / Mohammad Irfan Ferdiansyah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi ABSTRAK Ferdiansyah, Mohammad Irfan. 2018. Pengembangan Media CAI (Computer Assisted Instruction) Interaktif Dalam Pembelajaran IPS Materi Pahlawanku Untuk Siswa Kelas IV di SDN Marmoyo Jombang. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar. Pembimbing (I) Prof. Dra. Hj. Siti Malikhah Towaf, M.A. (II) Dr. A. Rosyid Al Atok, M. Pd., MH, Kata Kunci: Media Interaktif, CAI (Computer Assisted Instruction), Materi IPS, Sekolah Dasar Berdasarkan hasil analisis kebutuhan di SDN Marmoyo yang terletak di Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang teridentifikasi bahwa sumber belajar yang digunakan berupa buku guru dan buku siswa namun belum terdapat media penunjang berbasis teknologi terutama pada tema ÔÇ£PahlawankuÔÇØ subtema ÔÇ£Pahlawanku KebanggankuÔÇØ. Isi yang terdapat pada buku guru dan buku siswa memiliki cakupan materi yang cukup luas dan lebih menceritakan pahlawan nasional secara umum. Fasilitas pendukung belajar sudah terdapat disekolah namun guru belum dapat mengoperasikannya secara optimal, sehingga metode pembelajaran untuk membantu siswa dalam mendapatkan pengetahuan yang lebih luas dan aktual dirasa kurang. Pemanfaatan media pembelajaran berbasis media interaktif merupakan salah cara untuk mempermudah siswa dalam memahami setiap materi yang dipelajari. Tujuan dari penelitian pengembangan ini ntuk menghasilkan media interaktif CAI (Computer Assisted Instruction) tema ÔÇ£PahlawankuÔÇØ subtema ÔÇ£Pahlawanku KebanggankuÔÇØ dalam materi IPS kelas IV SD yang valid, menarik, efektif, dan praktis. Produk yang dikembangkan menggunakan model 4-D Thiagarajan (1974) yang terdiri atas empat tahap yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Untuk menguji kelayakan produk yang dikembangkan dilakukan dengan uji validasi dan uji coba lapangan. Uji coba lapangan dilakukan dua kali yaitu dengan uji kelompok kecil yang berjumlah 7 siswa yang berada di SDN Tanjung Wadung 1. Setelah uji coba kelompok kecil, produk dilakukan revisi berdasarkan catatan dan saran yang diberikan hingga mendapat kategori valid. Setelah produk di revisi, kemudian di uji cobakan kepada 21 siswa yang berada di kelas IV SDN Marmoyo. Data yang dikumpulkan berupa data kualitatif yang diperoleh dari tanggapan berserta saran yang diberikan oleh validator dan pengguna. Data kuantitatif diperoleh dari hasil rata-rata persentase angket. Produk yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria sangat layak dan dapat digunakan. Hal tersebut dibuktikan dari hasil validasi materi sebanyak 87,5%, media sebanyak 82,5%, kepraktisan sebanyak 94,8%, kemenarikan sebanyak 95,56%, dan keefektifan sebanyak 90,48%. Hasil belajar siswa sebelum menggunakan media interaktif CAI mencapai rata-rata ketuntasan sebanyak 47% sedangkan untuk hasil belajar siswa setelah menggunakan media interaktif CAI mencapai rata-rata ketuntasan sebanyak 90%. Pengembangan media interaktif CAI pada materi IPS kelas IV SD sudah sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa sebagai alternatif media pembelajaran yang praktis dan inovatif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63374

Actions (login required)

View Item View Item