Pengaruh model pembelajaran think pair share menggunakan media gambar seri terhadap kemampuan bercerita siswa kelas IV / Amalia Rizkina

Rizkina, Amalia (2019) Pengaruh model pembelajaran think pair share menggunakan media gambar seri terhadap kemampuan bercerita siswa kelas IV / Amalia Rizkina. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Amalia, Rizkina. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share dengan Menggunakan Media Gambar Seri Terhadap Kemampuan Bercerita Siswa Kelas IV. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Imam Suyitno, M.Pd (2) Dr. Munzil, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Model Pembelajaran think pair share, media gambar seri, kemampuan bercerita siswa. Penelitian ini bertujuan, (1) untuk mengetahui pengaruh model think pair share dengan menggunakan media gambar seri terhadap kemampuan bercerita siswa kelas IV. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif yang termasuk dalam jenis Eksperimen dengan menggunakan post test only desain. Sasaran dalam penelitian ini adalah keseluruahan siswa kelas IV SDN Bunulrejo 1 Malang tahun pelajaran 2018/2019. Di SDN Bunulrejo 1 terdapat 3 rombongan belajar terdiri dari 21 orang kelas IVA, 21 orang kelas IVB, 21 orang kelas IVC. Pengumpulan data dilakukan yaitu dengan tahapan observasi pelaksanaan pembelajaran dikelas dan tes kemampuan bercerita. Analisis data kemudian dianalisis dengan menggunakan ANAVA satu jalur (one way anava), namun terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan (1) pelaksanaan model pembelajaran think pair share dengan menggunakan media gambar seri telah sesuai dengan langkah kegiatan yang dikembangkan, pelaksanaan model pembelajaran think pair share telah sesuai dengan langkah kegiatan yang telah dikembangkan dan pelaksanaan pembelajaran menggunakan media gambar seri telah sesuai dengan langkah kegiatan yang telah dikembangkan; (2) ada pengaruh model pembelajaran think pair share menggunakan media gambar seri terhadap kemampuan bercerita siswa kelas IV Hal ini ditunjukkan dari nilai hasil signifikansi yang diperoleh yaitu sebesar 0,023 hasil signifikansi lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Pembelajaran pada tiap kelasnya sudah terlaksana sesuai dengan RPP; (2) ada pengaruh model pembelajaran think pair share dengan menggunakan media gambar seri terhadap kemampuan bercerita siswa kelas IV. Saran dalam penelitian ini antara lain: (1) bagi siswa, dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam memahami materi, menunbuhkan semangat kerjasama antar siswa dan meningkatkan hasil belajar pada aspek keterampilan; (2) penerapan model dan media diawal mengalami kendala yaitu siswa perlu pembiasaan dengan model dan menggunakan media. Sehingga melalui penelitian ini guru dapat menjadikan bahan pertimbangan dan rujukan untuk memilih model dan media pembelajaran agar

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63373

Actions (login required)

View Item View Item