Peningkatan keterampilan menulis narasi melalui model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) berbantuan media CD interaktif pada siswa kelas V di SD Anak Saleh / Ayu Vidya Rakhmawati

Rakhmawati, Ayu Vidya (2019) Peningkatan keterampilan menulis narasi melalui model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) berbantuan media CD interaktif pada siswa kelas V di SD Anak Saleh / Ayu Vidya Rakhmawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Rakhmawati, Ayu Vidya. 2018. Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi melalui Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intelectual) berbantuan Media CD Interaktif pada Siswa Kelas V di SD Anak Saleh Kota Malang. Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Dasar, Fakultas Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Supriyono Koeshandayanto, M.Pd., M.A., (II) Dr. Muhana Gipayana, M.Pd. Kata Kunci: Keterampilan Menulis Narasi, Model Pembelajaran SAVI, Media CD Interaktif. Keterampilan menulis narasi mampu membantu peserta didik dalam meningkatkan dan memunculkan bakat yang ada pada peserta didik. Keterampilan menulis narasi dapat membantu siswa untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan imajinasi yang mereka miliki melalui sebuah tulisan. Namun hal tersebut tidak sejalan dengan yang diharapkan, yaitu kesulitan dalam menulis narasi yang dialami oleh sebagian siswa. Berdasarkan hasil observasi pada tanggal 27 Maret 2018 ditemukan bahwa keterampilan siswa dalam menulis narasi belum muncul dan terlihat sebagian besar siswa memiliki nilai di bawah KKM yaitu 70. Keterampilan menulis pada siswa yang belum muncul disebabkan oleh beberapa faktor, seperti siswa tidak mengetahui apa yang hendak ditulis, hanya menulis judul dan hasilnya siswa tidak dapat menyusun kalimat dengan baik, terdapat pula siswa yang masih menulis kata dengan ejaan yang salah. Hal tersebut disebabkan oleh guru yang sering menggunakan metode konvensional, ceramah, dan pemberian contoh serta tidak menggunakan media pembelajaran, sehingga dalam hal ini guru membutuhkan teman sejawat untuk mengatasi permasalahan yang muncul pada pembelajaran menulis narasi. Tujuan dari penelitian ini yaitu membantu guru dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa di SD Anak Saleh Kota Malang dengan mengkolaborasikan antara model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intelectual) dan media CD interaktif Penelitian tindakan kelas merupakan jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini. Penelitian ini juga mengkolaborasikan dengan guru kelas. Subjek penelitian tindakan ini yaitu siswa kelas 5 SD Anak Saleh Kota Malang yang berjumlah 28 siswa. Metode penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari beberapa tahap meliputi, planning, doing, observation, and reflection. Pada penelitian ini data dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan hasil pengamatan di lapangan dan menggunakan deskripsi kuantitatif untuk menilai hasil menulis narasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intelectual) dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa kelas V SD Anak Saleh Kota Malang. Hal tersebut terlihat dari siklus I terdapat 43% yang tuntas memenuhi nilai KKM yaitu 70, sedangkan pada siklus II terdapat 89% yang tuntas memenuhi nilai KKM yaitu 70, sehingga dari siklus I ke siklus II mengalami kenaikan persentase sebanyak 46%. Dengan penerapan model pembelajaran SAVI ini juga dapat membantu siswa dalam meningkatkan keterampilan menulis narasi yang di dalamnya terdapat unsur tema, tokoh, alur, ii sudut pandang, latar, dan amanat yang diperoleh melalui kegiatan somatic, audio, visual, dan intelektual. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran SAVI berbantuan media CD interaktif dapat membuat hasil menulis narasi siswa kelas V SD Anak Saleh Kota Malang mengalami peningkatan. Siswa belajar menulis narasi dengan beberapa unsur yang ada di dalam cerita narasi seperti tema, tokoh, alur, latar, sudut pandang dan amanat. Siswa mempelajari unsur-unsur di dalam cerita narasi tersebut melalui kegiatan pada langkah-langkah pembelajaran melalui kegiatan somatic, audio, visual, dan intelektual. Dalam proses pembelajarannya siswa dibantu dengan menggunakan media CD interaktif yang mendukung kegiatan-kegiatan tersebut, sehingga siswa secara aktif dan mandiri dalam mencari informasi, siswa mampu memahami materi menulis narasi dan situasi belajar juga meningkat. Berdasarkan hasil penelitian dengan penerapan model pembelajaran SAVI berbantuan media CD Interaktif ini dapat digunakan sebagai acuan oleh guru untuk membantu menyampaikan pembelajaran bahasa Indonesia pada materi menulis cerita narasi. Sebagai acuan yang dapat digunakan oleh siswa untuk mengetahui sejauh mana keterampilan menulis yang dimiliki masing-masing siswa. Bagi peneliti selanjutnya dapat dijadikan referensi untuk penelitian pengembangan, penelitian keterampilan menulis lainnya, dan sebagai referensi penelitian yang akan datang sehingga dapat memberikan pengetahuan dan menjadi sumber rujukan untuk penelitian yang lainnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63372

Actions (login required)

View Item View Item