Nugraheni, Irma (2019) Pengembangan media permainan dam keberagaman budaya bangsaku berbasis cerita untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis pada siswa kelas IV SD / Irma Nugraheni. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Nugraheni Irma. 2018. Pengembangan Media Permainan DAM Keberagaman Budaya Bangsaku Berbasis Cerita untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Siswa Kelas IV SD. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Titik Harsiati M.Pd. (2) Dr. Abdul Qohar M.T. Kata Kunci media permainan keberagaman budaya bangsaku cerita membaca dan menulis. Media adalah suatu alat yang mampu memberikan pengaruh terhadap tercapainya tujuan pembelajaran. Kegiatan belajar mengajar hendaknya menjadikan pendidik menyesuaikan pemanfaatan media sesuai dengan karakteristik beserta kebutuhan siswa. Media belajar mempunyai peran untuk memudahkan siswa memahami materi dengan lebih mudah. Hal tersebut kurang sesuai dengan kondisi pada kenyataan yang menunjukkan masih kurangnya ketersediaan media sebagai alat bantu belajar siswa. Penelitian ini bertujuan menghasilkan media DAM yang difokuskan pada subtema keberagaman budaya bangsaku dengan alat bantu cerita yang didesain semenarik mungkin sehingga mampu menarik perhatian siswa dan pembelajaran menjadi efektif dalam meningkatkan kemampuan yang dimiliki siswa baik membaca maupun menulis siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian menggunakan model Dick Carey dan Carey. Uji coba pada penelitian ini dilakukan melalui tiga tahapan. Tiga tahap yang dimaksud tersebut yaitu uji coba perseorangan uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan. Pada tahap uji coba perseorangan mengambil tiga siswa dari kelas IV A sedangkan tahap uji coba kelompok kecil dilakukan pada enam siswa dari kelas IV B dan uji coba lapangan dilakukan pada kelas IV A dan IV B yang masing-masing kelas terdiri dari 27 siswa. Penelitian ini dilakukan sampai pada tahap ke 10 yaitu tahap evaluasi sumatif. Tahap evaluasi sumatif dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui keefektifan media permainan DAM keberagaman budaya bangsaku berbasis cerita untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis pada siswa kelas IV SD. Hasil validasi oleh ahli media memperoleh skor 93 sedangkan pada ahli materi memperoleh skor 120 dengan kategori sangat valid dan dapat digunakan di lapangan. Hasil uji angket yang dilakukan pada satu guru dan lima siswa angket pada uji kemenarikan produk mendapatkan rerata 84 11 % dengan kriteria sangat menarik dan dapat dipergunakan. Hasil uji coba kepraktisan produk oleh 1 guru dan 27 siswa mendapatkan hasil 93% dengan kriteria sangat praktis dan dapat dipergunakan. Pengujian dengan menggunakan Independent Sample T-Test didapatkan nilai probabilitas 0 036. Dikarenakan nilai nilai probabilitas 0 036 0 05 maka terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Perbedaan tersebut didukung dengan rerata nilai hasil belajar pada kelas kontrol 71 7 sedangkan kelas eksperimen 82 7. Berdasarkan hasil analisis tersebut maka media DAM keberagaman budaya bangsaku berbasis cerita untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa kelas IV SD telah memenuhi persyaratan dalam kevalidan kemenarikan kepraktisan dan dapat meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa sehingga media DAM keberagaman biudaya bangsaku berbasis cerita ini dapat digunakan dalam KBM sebagai media penunjang dalam mencapai tujuan pembelajaran pada kelas IV tema 1 Indahnya Kebersamaan sub tema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Jan 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/63370 |
Actions (login required)
View Item |