Implementasi pendidikan karakter melalui budaya sekolah di sekolah dasar (studi multi kasus di SD Al-Muqodassah dan SDIT Darussalam Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo / Aryuna Kusuma Tria Dewi

Dewi, Aryuna Kusuma Tria (2019) Implementasi pendidikan karakter melalui budaya sekolah di sekolah dasar (studi multi kasus di SD Al-Muqodassah dan SDIT Darussalam Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo / Aryuna Kusuma Tria Dewi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

xiv ABSTRAK Dewi, Aryuna Kusuma Tria. 2018. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar (Studi Multi Kasus di SD Al-Muqoddasah dan SD Darussalam Kecamatan Mlarak Ponorogo). Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng, M.Pd., (2) Dr. Syamsul Hadi, M.Pd., M.Ed. Kata Kunci: Implementasi Pendidikan Karakter, Budaya Sekolah, Sekolah Dasar Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter melalui budaya sekolah. Implementasi pendidikan karakter melalui budaya sekolah dengan fokus karakter religius, disiplin, dan mandiri di SD Al-Muqoddasah dan SDIT Darussalam Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi multi kasus (multycase studies). Peneliti berperan sebagai instrumen utama dan sebagai pengumpul data. Sehingga peran peneliti dalam penelitian yaitu sebagai perancang, pengumpul, penganalisis data penelitian hingga penyusunan laporan penelitian. Oleh karena itu, peneliti terjun langsung ke SD Al-Muqoddasah dan SDIT Darussalam untuk mengumpulkan data hingga pelaporan hasil penelitian. Penelitian tentang implementasi pendidikan karakter melalui budaya sekolah yang berfokus pada karakter religius, disiplin, dan mandiri di SD Al-Muqoddasah dan SDIT Darussalam di Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo. Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karater melalui budaya sekolah yang berfokus pada karakter religius, disiplin, dan mandiri. dalam masing-masing karakter diperoleh melalui kegiatan rutin, kegiatan spontan, dan keteladanan. Karakter religius terlihat pada kegiatan rutin yang meliputi; (1) sholat wajib berjamaah; (2) tahfidz QurÔÇÖan; (3) muhadhoroh; (4) sholat Jumat bagi siswa laki-laki. Dalam kegiatan spontan meliputi ; (1) puasa sunah hari Senin dan Kamis; (2) sholat dhuha; (3) mengaji sebelum sholat; dan (4) mengumandangkan adzan. Sedangkan untuk keteladanan yaitu menutup aurat dan sholat tepat waktu. Untuk karakter disiplin dapat terlihat melalui kegiatan rutin yang meliputi; (1) budaya mengantri ketika makan dan mencuci piring; (2) sholat tepat waktu. Untuk kegiatan spontan yaitu mendapatkan hukuman bagi siswa yang melanggar peraturan dan untuk keteladanan yaitu datang tepat waktu ketika sholat maupun ke sekolah. Karakter mandiri yang terlihat dari kegiatan rutin meliputi; 1) mengambil makan dan mencuci piring secara mandiri dan (2) melipat mukena bagi siswa perempuan. Untuk kegiatan spontan yaitu siswa secara suka rela membantu teman sekelasnya seperti membuka pintu kelas atau mengambil makanan ringan, dan keteladanan meliputi yaitu selalu menjaga kebersihan dan kebersihan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63369

Actions (login required)

View Item View Item