Proses pemecahan masalah matematika peserta didik SMP ditinjau dari kecerdasan emosional / Mochamad Bahtiar Arif

Arif, Mochamad Bahtiar (2019) Proses pemecahan masalah matematika peserta didik SMP ditinjau dari kecerdasan emosional / Mochamad Bahtiar Arif. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

xiii RINGKASAN Arif, Mochamad Bahtiar. 2018. Proses Pemecahan Masalah Matematika Peserta didik SMP ditinjau dari Kecerdasan Emosional. Tesis Pascasarjana Program Studi Pendidikan Dasar Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Cholis SaÔÇÖdijah, M.Pd., M.A. dan (2) Dr. Abd. Qohar, MT Kata kunci :analisis proses pemecahan masalah, pemecahan masalah matematika, kecerdasan emosional Penelitian ini dilatar belakangi oleh tuntutan kurikulum dalam peningkatan dan pengembangan kwalitas ketrampilan manusia dalam menghadapi kehidupan di abad 21, salah satu ketrampilan yang harus di miliki adalah ketrampilan pemecahan masalah, karena semua manusia pasti memiliki masalah yang harus di hadapi dan diselesaikan.seiring dengan itu kecerdasan emosional memiliki peran penting dalam pemecahan masalah matematika.Tujuan dari penelitian ini adalah unutk mendeskripsikan proses pemecahan masalah matematika peserta didik kelas VII berdasarkan level kecerdasan emosional. Penelitian ini menggunakan teknik deskriptif. Subjek penelitian terdiri atas 3 peserta didik yang memiliki level kecerdasan emosional tinggi, level kecerdasan emosional sedang, dan level kecerdasan emosional rendah.. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan wawancara. Metode tes menggunakan tes kecerdasan emosional yang terdiri dari 5 aspek dan berjumlah 60 point, kemudian tes proses pemecahan masalah terdapat 1 nomor soal yang telah divalidasi oleh validator ahli. Uji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Data dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah (1) Peserta didik dengan kecerdasan emosional tinggi mampu melaksanakan 4 tahapan pemecahan masalah polya dengan baik dan benar serta sesuai materi, (2) peserta didik dengan kecerdasan emosional sedang mampu melaksanakan 4 tahap pemecahan masalah polya dengan baik namun penyelesaiannya tidak sesuai dengan materi, (3) peserta didik dengan kecerdasan emosional rendah mampu mahami masalah tidak lengkap, melakukan perencanaan penyelesaian masalah tidak sesuai materi, melaksanakan perencanaan penyelesaian masalah namun tidak lengkap, tidak dapat memeriksa kembali dan (4) profil pemecahan masalah matematika peserta didik kelas VII sesuai dengan level kecerdasan emosional peserta didik masing-masing

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63368

Actions (login required)

View Item View Item