Pengaruh model kolaboratif berbasis masalah terhadap hasil belajar dan kepuasan belajar siswa sekolah dasar / Nina Nuramalina

Nuramalina, Nina (2019) Pengaruh model kolaboratif berbasis masalah terhadap hasil belajar dan kepuasan belajar siswa sekolah dasar / Nina Nuramalina. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nuramalina, Nina. 2018. Pengaruh Model Kolaboratif Berbasis Masalah terhadap Hasil Belajar dan Kepuasan Belajar Siswa Sekolah Dasar. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Imam Agus Basuki, M.Pd (II) Prof. Dr. Suyono, M.Pd. Kata kunci : hasil belajar, kepuasan belajar, model kolaboratif berbasis masalah Pembelajaran dapat berjalan dengan baik ketika setiap siswa mengalami belajar, mampu menyelesaikan tantangan, mencapai tujuan pembelajaran dan dapat mengkonstruk ilmu pengetahuannya. Model kolaboratif berbasis masalah diaplikasikan dalam pembelajaran merupakan hal yang tepat karena memperhatikan kebutuhan belajar sesuai tingkat perkembangan siswa. Model kolaboratif berbasis masalah merupakan model pembelajaran yang diyakini dapat berpengaruh terhadap peningkatan kualitas pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model kolaboratif berbasis masalah terhadap hasil belajar dan kepuasan belajar siswa. Rancangan penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group. Populasi yang digunakan keseluruhan siswa kelas V MIN 2 Serang tahun ajaran 2018-2019. Sampel dipilih terdiri dari dua kelas yaitu siswa kelas V C digunakan sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas V D digunakan sebagai kelompok kontrol. Teknik sampling yang dilakukan menggunakan purposive sampling karena memiliki kriteria yang dibutuhkan. Instrumen terdiri dari instrumen perlakuan dan instrumen pengukuran. Instrumen perlakuan berupa, silabus, RPP, dan LKS. Instrumen pengukuran berupa tes hasil belajar, angket kepuasan belajar, observasi pembelajaran dan rubric penilaian. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji beda. Hasil studi ini menunjukkan bahwa pertama, tidak berpengaruh yang signifikan dari pengaplikasian model kolaboratif berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Uji hipotesis menghasilkan bahwa perolehan signifikansi p-level 0,092 lebih besar dari 0,05 (0,092 > 0.05). Adapun perbandingan nilai rata-rata posttest kelompok eksperimen 78,90 lebih besar dari perolehan nilai rata-rata kelompok kontrol 74,42 dan simpangan baku kelompok eksperimen 11,235 lebih heterogen dibandingkan dengan simpangan baku kelompok kontrol 9,258. Kedua, tidak berpengaruh yang signifikan dari penerapan model kolaboratif berbasis masalah terhadap kepuasan belajar siswa sekolah dasar. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa perolehan signifikansi p-level 0,089 lebih besar dari 0.05 (0,089 > 0.05). Adapun perbandingan nilai rata-rata kelompok eksperimen 16,19 lebih besar dari perolehan nilai rata-rata kelompok kontrol 15,42 dan simpangan baku kelompok eksperimen 3,618 lebih heterogen dibandingkan dengan simpangan baku kelompok kontrol 1,478.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63367

Actions (login required)

View Item View Item