Analisis kesalahan siswa sekolah dasar dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah bilangan bulat dan scaffoldingnya / Wulida Arina Najwa

Najwa, Wulida Arina (2019) Analisis kesalahan siswa sekolah dasar dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah bilangan bulat dan scaffoldingnya / Wulida Arina Najwa. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

xii RINGKASAN Najwa, Wulida Arina. 2018. Analisis Kesalahan Siswa Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Bilangan Bulat dan Scaffoldingnya. Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Susiswo, M.Si, (II) Dr. Abdur Rahman AsÔÇÖari, M.Pd, M.A. Kata Kunci: Analisis kesalahan, pemecahan masalah, bilangan bulat, scaffolding Kesalahan dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah masih banyak terjadi terutama pada siswa sekolah dasar. Analisis kesalahan merupakan suatu kegiatan yang dapat dilakukan untuk mengidentifikasi jenis kesalahan, penyebab kesalahan, miskonsepnsi siswa dalam menyelesaikan masalah bilangan bulat. Hasil analisis yang diperoleh dapat dijadikan bahan untuk memberikan tindak lanjut pada siswa yang bersangkutan seperti scaffolding. Scaffolding merupakan suatu bantuan terkontrol yang berfungsi untuk membantu siswa memperbaiki kesalahannya. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah bilangan bulat, (2) Mendeskripsikan pelaksanaan scaffolding yang dilakukan untuk membantu siswa menyadari dan memperbaiki kesalahannya dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah bilangan bulat. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti itu sendiri. Sedangkan instrumen pendukung berupa soal tes I (sebelum diberi scaffolding), soal tes II (setelah diberi scaffolding), pedoman wawancara, dan pedoman scaffolding. Penelitian ini menggunakan scaffolding menurut Anghileri level kedua yaitu reviewing dan restructuring. Subjek yang digunakan pada penelitian ini adalah dua siswa kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu Insan Mulia. Hasil penelitian menunjukkan semua subjek hampir mengalami semua kategori kesalahan menurut Newman, yaitu kesalahan membaca, kesalahan memahami, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan penulisan jawaban. Penelitian ini juga menunjukan bahwa scaffolding berdasarkan Anghileri level kedua berupa reviewing dan restructuring dapat membantu siswa menyadari dan memperbaiki kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah bilangan bulat. Scaffolding berupa reviewing yaitu merekam subjek yang sedang membaca sehingga bisa diperdengarkan kembali hasil bacaannya, meminta siswa memperhatikan informasi pada soal, dan mengajukan pertanyaan pancingan agar siswa dapat menyadari kesalahannya. Kemudian scaffolding berupa restructuring yaitu memperdengarkan bacaan yang benar, memberikan informasi terkait kata-kata pada masalah yang belum dipahami oleh siswa, dan mengajukan pertanyaan pancingan agar siswa dapat memperbaiki kesalahannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63366

Actions (login required)

View Item View Item