Analisis proses konstruksi siswa dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan teori APOS pada siswa MTs At Taraqqie Kota Malang / Lalu Nurul Wathoni - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis proses konstruksi siswa dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan teori APOS pada siswa MTs At Taraqqie Kota Malang / Lalu Nurul Wathoni

Wathoni, Lalu Nurul (2018) Analisis proses konstruksi siswa dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan teori APOS pada siswa MTs At Taraqqie Kota Malang / Lalu Nurul Wathoni. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wathoni Lalu Nurul. 2018. Analisis Proses Konstruksi Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Teori APOS. Tesis Pascasarjana Program Studi Pendidikan Dasar Pendidikan Matematika Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Edy Bambang Irawan M. Pd. dan (II) Dr. Abd. Qohar MT Kata Kunci Proses Konstruksi Teori APOS Masalah Matematika Proses konstruksi konsep matematika ditinjau dari struktur mental bisa berbentuk aksi proses objek dan skema atau yang disingkat dengan APOS sedangkan jika ditinjau dari mekanisme pembentukan pengetahuan matematis maka berupa proses interiorizationl encapsulation dan de-encapsulation atau tematisasi. Teori APOS adalah sebuah teori yang berlandasan pada aliran konstruktivisme aliran ini menuntun untuk mengkonstruksi atau membangun kemampuan siswa dengan sendirinya. Teori APOS terdiri dari empat tahapan yaitu (1) aksi (2) proses (3) objek dan (4) skema. Masalah matematika dapat berupa soal cerita (words problem) soal tidak rutin (non routine mathematics problem) dan soal nyata (real atau application problem). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses konstruksi siswa dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan teori APOS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A MTs At Taraqqie Kota Malang yang berjumlah 3 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses konstruksi siswa 1 (S1) dan S2 sampai pada tahapan aksi proses objek dan skema sedangkan S3 hanya sampai pada tahap aksi proses dan objek belum sampai pada tahapan skema. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa teori APOS mampu mengnalisis dan mendeskripsikan proses konstruksi siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Bagi peneliti lain yang hendak mengadakan penelitian serupa diharapkan menerapkan pada materi yang berbeda misalnya pada aljabar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Dec 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63365

Actions (login required)

View Item View Item