Sistem full day school dalam menguatkan karakter peserta didik di SDN Kauman 1 dan SD Muhammadyah 4 Kota Malang / Joko Prih Triyana - Repositori Universitas Negeri Malang

Sistem full day school dalam menguatkan karakter peserta didik di SDN Kauman 1 dan SD Muhammadyah 4 Kota Malang / Joko Prih Triyana

Triyana, Joko Prih (2018) Sistem full day school dalam menguatkan karakter peserta didik di SDN Kauman 1 dan SD Muhammadyah 4 Kota Malang / Joko Prih Triyana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Prih Triyana Joko. 2018. Sistem Full Day School dalam Menguatkan Karakter Peserta Didik di SDN Kauman 1 dan SD Muhammadiyah 4 Kota Malang. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Ery Tri Djatmika .R.W.W. M.A. M.S.i (2) Prof. Dr. Bambang Budi Wiyono M.Pd Kata Kunci full day school karakter Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan sistem full day school dalam menguatkan karakter peserta didik di sekolah dasar dalam upaya memperkuat karakter peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kauman 1 dan SD Muhammadiyah 4 Kota Malang dengan maksud untuk mengumpulkan data terkait sistem full day school dalam menguatkan karakter peserta didik di sekolah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif yang bersifat kualitatif. Teknik yang digunakan dalam pengambilan data pada penelitian ini menggunakan observasi wawancara dan dokumentasi. Kegiatan observasi yang dilakukan peneliti mencakup pengamatan terkait kurikulum yang digunakan sekolah kondisi lingkungan sekolah kegiatan belajar mengajar di kelas dan sarana prasarana sekolah. Peneliti juga melakukan wawancara kepada beberapa narasumber yang dianggap dapat memberikan informasi terkait fokus penelitian. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu analisis yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman (2009) dengan cara reduksi data kemudian dilanjutkan penyajian data dan yang terakhir penarikan simpulan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan (1) pengembangan sistem full day school dimulai sejak adanya program full day dari pemerintah faktor dan motivasi sehingga terlaksananya sistem ini karena orang tua peserta didik yang sibuk bekerja kurikulum yang digunakan kurikulum 2013 karakter yang tampak sudah sesuai dengan program PPK (3) perencanaan dimulai dengan menyusun kalender akademik pengondisian lingkungan mengembangkan silabus dan RPP dan pengintegrasian PPK dalam kurikulum pelaksanaan terdiri atas kerjasama seluruh guru membangun komunikasi dan kerjasama dengan orang tua menjalin hubungan harmonis antara guru dengan peserta didik mengintegrasi nilai karakter dalam pelajaran pelaksanaan pengembangan diri dan budaya sekolah evaluasi terdiri atas penilaian terhadap tenaga pendidik kerjasama dengan orang tua siswa dan penilaian keberhasilan peserta didik karakter yang tampak religius disiplin tanggungjawab mandiri peduli lingkungan dan peduli sosial (3) dampak sistem full day bagi sekolah terdiri dari hasil implikasi faktor pendukung penghambat dan upaya. Dampak bagi orang tua merasa terbantu serta hasil karakter pada peserta didik religius disiplin tanggung jawab mandiri peduli lingkungan dan peduli sosial.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Dec 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63364

Actions (login required)

View Item View Item