Pengaruh model pembelajaran quantum teaching berbantuan media web terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Madiun Lor / Silvy Ananta Dewi

Dewi, Silvy Ananta (2018) Pengaruh model pembelajaran quantum teaching berbantuan media web terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Madiun Lor / Silvy Ananta Dewi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ii ABSTRAK Ananta Dewi, Silvy. 2018 . Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Berbantuan Media WEB Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN 05 Madiun Lor. Tesis. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Sugeng Utaya, M.Si., (II) Dra.Hj. Siti Malikah Thowaf, M.A, Ph.D Kata Kunci: Quantum teaching, media WEB, hasil belajar IPS merupakan salah satu disiplin ilmu yang disampaikan ditingkat Pendidikan dasar. IPS di SD memiliki hasil belajar sebagai tolak ukur ketercapaian pembelajarannya. Hasil belajar yang diperoleh haruslah berada diatas KKM yang sudah ditentukan yaitu 75. Berdasarkan wawancara di SDN 05 Madiun Lor diperoleh data bahwa hasil belajar siswa masih rendah, peran guru dalam proses pembelajaran masih sangat dominan, sedangkan siswa cenderung pasif dan kurang antusias dalam pembelajaran. Rekapitulasi nilai hasil belajar pada tema 1 diperoleh data siswa yang belum memenuhi KKM sebanyak 56,55% pada kelas eksperimen dan 58,20 pada kelas control. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelakaran quantum teaching berbasis media WEB terhadap hasil belajar siswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasy eksperimen design) dengan cara nonequivalent control design, sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN Madiun Lor yang berjumlah 64 siswa, 32 siswa dikelas VA menggunakan model quantum teaching berbasis web dan 32 siswa dikelas VB model quantum teaching tanpa berbasis web. Data yang digunakan yaitu hasil belajar siswa yang diukur dengan tes pilihan ganda. Data dianalisis dengan menggunakan Uji Independen Sampel T-test dengan bantuan program IBM SPSS 24 for windows. Berdasarkan hasil uji t diperoleh nilai beda diantara kedua kelas sebesar 10,625 dengan signifikansi 0,005%. Berdasarkan perhitungan tersebut dapat dilihat bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran quantum teaching berbasis media web dan siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran quantum teaching berbantuan media web berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, penataan lingkungan belajar yang nyaman dan menyenangkan dapat meningkatkan antusiasa belajar siswa yang berpengaruh pada peningkatan hasil belajar siswa. Dalam penerapan model pembelajaran quantum teaching, guru hendaknya lebih mengkondisikan suasana belajar secara kondusif sehingga pembelajaran tetap dapat terkontrol dengan baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Dec 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63363

Actions (login required)

View Item View Item