Pengembangan multimedia interaktif pada pembelajaran tematik tema selalu berhemat energi subtema energi alternatif untuk kelas IV sekolah dasar / Ade Yama Wahyu Nur Prasetya - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia interaktif pada pembelajaran tematik tema selalu berhemat energi subtema energi alternatif untuk kelas IV sekolah dasar / Ade Yama Wahyu Nur Prasetya

Prasetya, Ade Yama Wahyu Nur (2018) Pengembangan multimedia interaktif pada pembelajaran tematik tema selalu berhemat energi subtema energi alternatif untuk kelas IV sekolah dasar / Ade Yama Wahyu Nur Prasetya. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Prasetya Ade Yama Wahyu Nur. 2018. Pengembangan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Tematik Tema Selalu Berhemat Energi Subtema Energi Alternatif untuk Kelas IV Sekolah Dasar. Tesis Program Studi S2 Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Dedi Kuswandi M.Pd. (2) Prof. Dr. Sa dun Akbar M.Pd. Kata Kunci Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Tematik Berdasarkan hasil wawancara di SDN 1 Blimbing Malang diperoleh data awal bahwa (1) kedalaman materi yang terdapat pada sumber belajar masih belum mendalam (2) Sarana TIK masih belum dioptimalkan sebagai media dan sumber belajar (3) Pembelajaran cenderung teacher centered sehingga guru mendominasi dalam pembelajaran (4) Siswa antusias ketika ditunjukkan gambar dan video. Dari data awal tersebut maka perlu mengoptimalkan pemanfaatan TIK sebagai sumber belajar dan memanfaatkan TIK sebagai media untuk mengaktifkan siswa. Multimedia interaktif mampu mengoptimalkan pemanfaatan TIK sebagai sumber belajar dan media yang mampu mengaktifkan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia interaktif yang layak dan mengetahui keefektifan produk yang dikembangkan. Model pengembangan yang digunkan adalah model pengembangan Lee Owen yang meliputi (1) Analisis (2) Desain (3) Pengembangan (4) Implementasi (5) Evaluasi. Kelayakan multimedia interaktif meliputi validitas kepraktisan dan kemenarikan. Validitas diperoleh melalui validasi ahli materi dan ahli media dengan instrument lembar validasi. Kepraktisan diperoleh dari siswa dan guru. Data kepraktisan dari siswa diperoleh melalui uji coba individu uji coba kelompok dan uji coba lapangan dengan instrumen angket. Data kepraktisan dari guru diperoleh ketika uji coba lapangan dengan instrumen angket. Data kemenarikan dari siswa diperoleh melalui ujicoba individu uji coba kelompok dan uji coba lapangan dengan instrumen angket. Data keefektifan diperoleh dari hasil uji t berpasangan dengan instrumen soal pretest dan posttest. Data keefektifan diperoleh pada uji coba lapangan. Subjek penelitian pada uji coba individu dan kelompok adalah sampel dari siswa kelas IV A SDN 1 Blimbing Malang. Subjek penelitain pada uji coba lapangan adalah guru dan 32 siswa kelas IV B SDN 1 Blimbing Malang. Kevalidan produk yang dihasilkan pada penelitian ini memperoleh skor rata-rata 80 87% dengan kriteria sangat valid. Kepraktisan memperoleh skor rata-rata 90% dengan kriteria sangat praktis. Kemenarikan memperoleh skor rata-rata 89 25% dengan kriteria sangat menarik. Keefektifan produk berdasarkan uji t berpasangan diperoleh t hitung (-6 692) kurang dari t tabel (-2 039) dan p (0 000) kurang dari alfa (0 005) sehingga terdapat perbedaan yang signifikan nilai pretest sebelum menggunakan multimedia interaktif dengan nilai posttest setelah menggunakan multimedia interaktif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Dec 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63362

Actions (login required)

View Item View Item