Pengaruh model problem based learning berbantu mind mapping terhadap hasil belajar keberagaman makhluk hidup di lingkunganku siswa kelas IV di SDN Bunulrejo 1 Malang / Lita Ariyanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model problem based learning berbantu mind mapping terhadap hasil belajar keberagaman makhluk hidup di lingkunganku siswa kelas IV di SDN Bunulrejo 1 Malang / Lita Ariyanti

Ariyanti, Lita (2018) Pengaruh model problem based learning berbantu mind mapping terhadap hasil belajar keberagaman makhluk hidup di lingkunganku siswa kelas IV di SDN Bunulrejo 1 Malang / Lita Ariyanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ariyanti Lita. 2018. Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantu Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku Siswa Kelas IV di SDN Bunulrejo 1 Malang Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ery Tri Djatmika RWW MA M.Si.(II) Dr. Nurchasanah M.Pd. Kata kunci Hasil belajar Problem Based Learning Mind Mapping Pembelajaran di sekolah1dikatakan berhasil1apabila tujuan pembelajaran tercapai dengan hasil belajar siswa yang memuaskan. Rendahnya hasil belajar dapat disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya adalah1strategi pembelajaran yang kurang tepat. Model Problem Based Learning (PBL) menjadi salah1satu alternatif yang dapat diharapkan mampu mengatasi permasalahan hasil1belajar siswa. Tujuan Penelitian ini1adalah (1) mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbantu Mind Mapping terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia kelas IV SDN1Bunulrejo 1 (2) mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbantu Mind Mapping terhadap hasil1belajar IPA kelas IV SDN Bunulrejo 1 (3) mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbantu Mind Mapping terhadap hasil belajar IPS kelas IV SDN Bunulrejo 1 (4) mengetahui pengaruh model Problem Based Learning1berbantu Mind Mapping terhadap hasil belajar Tematik1kelas IV SDN Bunulrejo 1. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu dengan mengambil subjek penelitian dua kelas yaitu kelas IB-B sebagai kelas eksperimen dan kelas IV-C sebagai kelas kontrol. Hasil belajar diukur dengan1menggunakan1tes pilihan ganda isian dan uraian hasil pretest dan posttest. Teknik analisis yang digunakan1menggunakan statistik deskriptif untuk mengetahui tingkat hasil belajar dan uji gain score.1Statistik inferensial menggunakan uji Mann Whitney yang dapat diselesaikan dengan bantuan SPSS 15.00 for Windows untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantu Mind Mappingterhadap hasil belajar Bahasa Indonesia kelas IV SDN Bunulrejo 1 Malang (2) ada pengaruh model1pembelajaran Problem Based Learning berbantu Mind Mappingterhadap hasil belajar IPA kelas IV SDN Bunulrejo 1 Malang (3) ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantu Mind Mappingterhadap hasil belajar IPS kelas IV SDN Bunulrejo 1 Malang (4) ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantu Mind Mappingterhadap hasil belajar Tematik kelas IV SDN Bunulrejo 1 Malang Saran1yang diberikan1adalah (1) Guru ada baiknya menggunakan model Problem Based Learning berbantu Mind Mapping karena dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa (2) guru perlu memperhatikan beberapa hal seperti penyajian materi yang menarik serta penguasaan kelas supaya siswa tidak ramai sendiri (3) penelitian selanjutnya agar dilakukan terhadap motivasi belajar siswa yang menjadi hal penting yang akan menentukan keberhasilan siswa dalam mengikuti proses belajar di sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Dec 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63361

Actions (login required)

View Item View Item