Pengembangan buku non teks pelajaran berbasis keberagaman budaya Trenggalek yang terintegrasi dengan penguatan pendidikan karakter dan literasi untuk siswa kelas IV sekolah dasar / Reza Aprilia Resterina - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku non teks pelajaran berbasis keberagaman budaya Trenggalek yang terintegrasi dengan penguatan pendidikan karakter dan literasi untuk siswa kelas IV sekolah dasar / Reza Aprilia Resterina

Resterina, Reza Aprilia (2018) Pengembangan buku non teks pelajaran berbasis keberagaman budaya Trenggalek yang terintegrasi dengan penguatan pendidikan karakter dan literasi untuk siswa kelas IV sekolah dasar / Reza Aprilia Resterina. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Resterina Reza Aprilia. 2018. Pengembangan Buku Non Teks Pelajaran Berbasis Keberagaman Budaya Trenggalek yang Terintegrasi dengan Penguatan Pendidikan Karakter dan Literasi untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Tesis Program Studi S2 Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Sri Untari M.Si. (2) Dr. A. Rosyid Al Atok M.Pd. M.H. Kata kunci buku non teks pelajaran keberagaman budaya Trenggalek penguatan pendidikan karakter literasi. Pendidikan budaya lokal yang terintegrasi dengan pendidikan karakter dan literasi menjadi hal penting pada abad 21 ini dikarenakan arus globalisasi semakin cepat dan memiliki dampak positif dan negatif bagi kebudayaan lokal suatu bangsa. Guna menanggulangi pergeseran budaya maka pendidikan budaya dan karakter perlu ditekankan di sekolah. Salah satunya melalui pembelajaran IPS tematik di SD. Pembelajaran IPS dalam kurikulum 2013 menjadi pembelajaran yang menyatu dengan mata pelajaran lain sehingga pembelajaran bersifat holistik. Upaya yang dapat dilakukan salah satunya mengembangkan buku non teks tentang budaya lokal yang terintegrasi pendidikan karakter yang dilakukan melalui kegiatan literasi baca tulis dan budaya. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah mengembangan buku non teks pelajaran berbasis keberagaman budaya lokal yang terintegrasi dengan penguatan pendidikan karakater dan literasi yang valid menarik praktis dan dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model ADDIE terdiri dari analisys (analisis) design (desain) develop (pengembangan) implement (implementasi) dan evaluation (evaluasi). Kevalidan buku non teks pelajaran diperoleh dari perhitungan angket oleh validator dari ahli bahan ajar ahli materi dan ahli bahasa. Aspek kepraktisan diperoleh dari guru dan siswa kelas IV serta guna mendukung hasil penelitian dilakukan uji pengaruh produk terhadap hasil belajar dengan uji Independent Sample T-Test pada kelas eksperimen dan kontrol. Hasil validasi oleh ahli bahan ajar materi dan bahasa memperoleh rerata 90 48% dengan kategori sangat valid dan dapat dipergunakan. Hasil uji angket satu guru dan lima siswa pada uji kemenarikan produk memperoleh nilai rerata 87 95 dengan kriteria sangat menarik dan dapat dipergunakan. Hasil uji kepraktisan oleh satu guru dan 22 siswa memperoleh nilai rerata 82 87 dengan kriteria praktis dan dapat digunakan. Pengujian dengan Independent Sample T-Test didapatkan nilai probabilitas 0 002. Dikarenakan nilai probabilitas 0 002 0 05 maka terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kontrol. Berbedaan tersebut didukung dengan rerata nilai hasil belajar kelas kontrol 68 5 dan kelas eksperimen 77 4. Berdasarkan hasil analisis tersebut maka buku non teks pelajaran berbasis keberagaman budaya lokal yang terintegrasi dengan PPK dan literasi untuk siswa kelas IV telah memenuhi persyaratan kevalidan kemenarikan kepraktisan dan dapat meningkatkan hasil belajar serta karakter dan literasi siswa sehingga dapat digunakan dalam KBM sebagai buku penunjang buku dari Kemendikbud pada kelas IV tema 1 Indahnya Kebersamaan sub tema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku. Saran bagi pengguna buku ini yaitu bagi guru sebaiknya mempersiapkan media dan model yang sesuai dengan buku ini dan menciptakan kondisi pembelajaran yang efektif agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Bagi pengembang selanjutnya dapat mengembangkan buku dengan tema budaya lokal yang lainnya mengembangkan buku yang tidak terikat dengan tema sehingga dapat menjadi buku penunjang bagi seluruh jenjang sekolah dasar serta buku ini dapat dikembangkan menjadi buku elektronik yang lebih praktis digunakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Dec 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63360

Actions (login required)

View Item View Item