Pengembangan media boneka tangan berbasis kearifan lokal subtema Bersyukur Atas Keberagaman pada siswa kelas IV SDN 1 Karangharjo Kabupaten Banyuwangi / Ayu Intan Permatasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media boneka tangan berbasis kearifan lokal subtema Bersyukur Atas Keberagaman pada siswa kelas IV SDN 1 Karangharjo Kabupaten Banyuwangi / Ayu Intan Permatasari

Permatasari, Ayu Intan (2018) Pengembangan media boneka tangan berbasis kearifan lokal subtema Bersyukur Atas Keberagaman pada siswa kelas IV SDN 1 Karangharjo Kabupaten Banyuwangi / Ayu Intan Permatasari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Permatasari Ayu Intan. 2018. Pengembangan Media Boneka Tangan Berbasis Kearifan Lokal Subtema Bersyukur Atas Keberagaman Pada Siswa Kelas IV SDN 1 Karangharjo Kabupaten Banyuwangi. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Sudarmiatin M.Si (2) Dr. Alif Mudiono M.Pd. Kata Kunci pengembangan media boneka tangan kearifan lokal bersyukur atas keberagaman. Guru harus memahami tentang pentingnya mengembangkan media dalam proses pembelajaran. Fakta di sekolah banyak guru yang masih belum menyadari tentang pentingnya mengembangkan media dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi 80% siswa merasa bosan dan kurang termotivasi pada saat pembelajaran dan hasil wawancara kepada guru kelas IV SDN 1 Karangharjo Kabupaten Banyuwangi guru masih kesulitan untuk mengembangkan media. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk media boneka tangan berbasis kearifan lokal subtema Bersyukur atas Keberagaman untuk siswa kelas IV SDN 1 Karangharjo Kabupaten Banyuwangi yang layak (valid menarik menyenangkan praktis dan efektif) berdasarkan analisis kebutuhan sekolah. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Bransh 2009) yang memiliki lima langkah dalam pengembangannya yaitu (1) Analisis (Analysize) (2) desain (design) (3) pengembangan (development) (4) implementasi (Implementation) (5) evaluasi (evaluation). Produk pengembangan diujicobakan kepada pengguna yaitu seorang guru kelas IVA kelas eksprimen sejumlah 24 siswa kelas IVA dan kelas kontrol sejumlah 24 siswa kelas IVB SDN 1 Karangharjo Kabupaten Banyuwangi. Hasil validasi ahli materi 89 33% dan hasil validasi ahli media 86 66%. Hasil uji coba kelompok kecil 96 44%. Hasil uji coba kelas eksperimen 97 83%. Hasil penilaian guru 93 33% dengan kriteria sangat layak dan dapat dipergunakan tanpa perbaikan. Pada uji coba lapangan juga dilakukan tes hasil belajar siswa berupa pretest dan posttest. Hasil uji t yang dilakukan pada kelompok posttest kelas eksperimen dan pretest kelas eksperimen dimana diperoleh nilai signifikansi sebesar 0 000 0 05 yang berarti bahwa Ha diterima dan Ho ditolak maka ada perbedaan antara nilai pretest dan posttest pada kelas eksperimen. Berdasarkan hasil uji t yang dilakukan pada kelompok posttest kelas kontrol dan pretest kelas kontrol dimana diperoleh nilai signifikansi sebesar 0 000 0 05 yang berarti bahwa Ha diterima dan Ho ditolak maka ada perbedaan antara nilai pretest dan posttest pada kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji t yang dilakukan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan taraf signifikansi 5% atau 0 05 diperoleh hasil thitung ttabel yakni 5 225 1 680 dan nilai probabilitas (signifikansi two tailed) sebesar 0 000

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Dec 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63359

Actions (login required)

View Item View Item