Pengembangan multimedia interaktif buku digital 3D tema ÔÇ£Daerah Tempat TinggalkuÔÇØ pada materi IPS kelas IV SD / Debi Adis Setiawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia interaktif buku digital 3D tema ÔÇ£Daerah Tempat TinggalkuÔÇØ pada materi IPS kelas IV SD / Debi Adis Setiawan

Setiawan, Debi Adis (2018) Pengembangan multimedia interaktif buku digital 3D tema ÔÇ£Daerah Tempat TinggalkuÔÇØ pada materi IPS kelas IV SD / Debi Adis Setiawan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Setiawan Debi Adis. 2018. Pengembangan Multimedia Interaktif Buku Digital 3D Tema Daerah Tempat Tinggalku Pada Materi IPS Kelas IV SD. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Wahjoedi M.E. (II) Dr. Hj. Siti Malikhah Towaf M.A. Kata Kunci Multimedia Interaktif Buku Digital 3D Materi IPS Sekolah Dasar Berdasarkan hasil analisis kebutuhan di SDN Ngembe 1 yang berada di Kecamatan Beji menunjukan bahwa sumber belajar yang digunakan berupa buku guru dan buku siswa yang belum terdapat media penunjang berbasis teknologi terutama pada tema Daerah Tempat Tinggalku . Isi yang terdapat pada buku guru dan buku siswa memiliki cakupan materi yang cukup luas dan lebih menceritakan daerah lain. Fasilitas sekolah seperti komputer LCD dan media pendukung belajar lainnya yang berada di sekolah masih belum bisa digunakan secara maksimal untuk membantu siswa dalam mendapatkan pengetahuan yang lebih luas dan aktual. Pemanfaatan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif merupakan salah cara untuk mempermudah siswa dalam memahami setiap materi yang dipelajarinya. Tujuan dari penelitian pengembangan ini yaitu untuk menghasilkan multimedia interaktif buku digital 3D tema Daerah Tempat Tinggalku pada materi IPS kelas IV SD yang valid menarik efektif dan praktis. Produk yang dikembangkan menggunakan model Lee Owens (2004) yang memiliki 5 tahapan yang meliputi 1) analisis a) analisis kebutuhan b) analisis awal-akhir 2) desain 3) pengembangan 4) implementasi dan 5) evaluasi. Untuk menguji kelayakan produk yang dikembangkan dilakukan dengan uji validasi dan uji coba lapangan. Uji validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Uji coba lapangan dilakukan dua kali yaitu dengan uji kelompok kecil yang berjumlah 12 siswa. Setelah uji coba kelompok kecil produk dilakukan revisi berdasarkan catatan dan saran yang diberikan. Setelah produk di revisi kemudian di uji cobakan kepada 23 siswa yang berada di kelas IV-A dan 27 siswa yang berada di kelas IV-B. Data yang dikumpulkan berupa data kualitatif yang diperoleh dari tanggapan berserta saran yang diberikan oleh validator dan pengguna. Data kuantitatif diperoleh dari hasil rata-rata persentase angket. Produk yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria sangat layak dan dapat digunakan. Hal tersebut dibuktikan dari hasil validasi materi dan media sebanyak 92 33% kepraktisan sebanyak 88 92% kemenarikan sebanyak 92 94% dan keefektifan sebanyak 80 66%. Hasil belajar siswa sebelum menggunakan multimedia interaktif buku digital 3D mencapai rata-rata ketuntasan sebanyak 40 16% sedangkan untuk hasil belajar siswa setelah menggunakan multimedia interaktif buku digital 3D mencapai rata-rata ketuntasan sebanyak 82 16%. Produk multimedia interaktif buku digital 3D tema Daerah Tempat Tinggalku pada materi IPS kelas IV SD sudah sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa sebagai alternatif media pembelajaran yang praktis dan inovatif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Oct 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63357

Actions (login required)

View Item View Item