Pengaruh model pembelajaran carousel feedback terhadap hasil belajar dan Higher Order Thinking Skills (HOTS) siswa pada muatan IPA kelas IV SDN 2 Suntu Kota Bima / Nurul Julaifah

Julaifah, Nurul (2018) Pengaruh model pembelajaran carousel feedback terhadap hasil belajar dan Higher Order Thinking Skills (HOTS) siswa pada muatan IPA kelas IV SDN 2 Suntu Kota Bima / Nurul Julaifah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Julaifah, Nurul. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Carousel Feedback Terhadap Hasil Belajar dan Higher Order Thinking Skills (HOTS) Siswa Pada Muatan IPA Kelas IV SDN 2 Suntu Kota Bima. Tesis, Pendidikan Dasar, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. I Wayan Dasna, M.Si., M.Ed., Ph.D. (2) Prof. Dr. Ery Tri Djatmika R.W.W, MA., M.Si. Kata Kunci: Model Pembelajaran Carousel Feedback, IPA, Hasil Belajar, Higher Order Thinking Skills (HOTS). Ilmu Pengetahuan Alam mempunyai banyak konsep yang bersifat abstrak yang umumnya sulit dipahami oleh siswa. IPA tidak hanya memiliki konsep yang rumit, tetapi juga membutuhkan keterampilan dalam hal praktikum. Materi yang dianggap sulit oleh siswa salah satunya materi Gaya. Materi gaya bersifat konseptual yang memerlukan Higher Order Thinking Skills (HOTS) untuk memahaminya. Higher Order Thinking Skills (HOTS) akan dicapai melalui penerapan model pembelajaran Carousel Feedback. Tahap umpan balik pada sintaks model pembelajaran Carousel Feedback dapat didukung oleh kemampuan logika dalam mengeluarkan ide. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan Higher Order Thinking Skills (HOTS) siswa pada muatan IPA. Rancangan yang digunakan adalah rancangan eksperimen semu (quasi eksperimental design). Populasi penelitian adalah siswa kelas IV di SDN 2 Suntu Kota Bima. Adapun sampel yang diambil yaitu kelas IVa sebagai kelas eksperimen dan IVb sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Carousel Feedback, sedangkan kelas kontrol dibelajarkan dengan menggunakan pendekatan saintifik. Instrumen pengukuran dalam penelitian ini terdiri dari: lembar observasi, soal tes hasil belajar dan Higher Order Thinking Skills (HOTS), yang telah divalidasi dengan tingkat validitas masing-masing sebesar 93,33 dan 96,7 % dan nilai reliabilitas sebesar 0,609 dan 0,707. Perbedaan hasil belajar, dan Higher Order Thinking Skills (HOTS) kedua kelas di uji dengan uji MANOVA. Hasil penelitian pada muatan IPA khususunya pada materi gaya di kelas IV SDN 2 Suntu Kota Bima menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar kognitif antara siswa yang dibelajarkan model pembelajaran Carousel Feedback dengan yang menggunakan pendekatakan saintifik. Hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Carousel Feedback (𝑥̅ = 86,9) lebih tinggi daripada siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan saintifik (𝑥̅ =75,95 ); (2) Terdapat perbedaan yang signifikan Higher Order Thinking Skills (HOTS) antara siswa yang dibelajarkan model pembelajaran Carousel Feedback dengan yang menggunakan pendekatakan saintifik. HOTS siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Carousel Feedback (𝑥̅ = 74,60) lebih tinggi daripada siswa siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan saintifik (𝑥̅ = 53,57).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Oct 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63356

Actions (login required)

View Item View Item