Pengembangan buku ajar berbasis kearifan lokal tema Indahnya Kebersamaan untuk kelas IV SD di Kabupaten Kediri / Trio Arista

Arista, Trio (2018) Pengembangan buku ajar berbasis kearifan lokal tema Indahnya Kebersamaan untuk kelas IV SD di Kabupaten Kediri / Trio Arista. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Arista, Trio. 2018 . Pengembangan Buku Ajar Berbasis Kearifan Lokal Tema Indahnya Kebersamaan Untuk Kelas IV SD di Kabupaten Kediri .Tesis, Program Studi S2 Pendidikan Dasar, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. H. Sukowiyono, S.H, M.Hum, (2) Dr. Ari Sapto, M.Hum. Kata Kunci: pengembangan buku ajar, kearifan lokal. Pembelajaran dalam kurikulum 2013 tidak lagi berpusat kepada guru, akan tetapi peran guru di kelas lebih ditekankan berperan sebagai fasilitator pembelajaran yang berkewajiban membantu siswa apabila siswa mengalami kesulitan. Guru sebagai sebagai fasililator hendaknya mendayagunakan dan memanfaatkan berbagai sumber belajar guna mendukung kegiatan belajar mengajar di dalam kelas. Berdasarkan analisis kebutuhan, ditemukan beberapa kendala, antara lain: 1) hanya menggunakan buku sumber terbitan dari pemerintah (buku siswa); 2) materi dalam buku siswa belum benar-benar relevan dengan lingkungan siswa; 3) belum tersedianya sumber belajar berbasis kearifan lokal Kabupaten Kediri yang sesuai dengan lingkungan siswa. Salah satu upaya yang dapat dilakukan guna memenuhi kebutuhan siswa dengan mengembangkan buku ajar berbasis kearifan lokal Kabupaten Kediri. Tujuan penelitian ini, menghasilkan buku ajar berbasis kearifan lokal Kabupaten Kediri yang valid, menarik, praktis dan efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran. Pengembangan buku ajar menggunakan model 4-D yang terdiri empat tahapan, yaitu 1) define (pendefinisian), 2) design (perancangan), 3) develop (pengembangan), dan 4) disseminate (penyebaran). Pada tahap disseminate membutuhkan waktu yang relative panjang sehingga tidak dilaksanakan karena pertimbangan peneliti memiliki keterbatasan waktu dan membutuhkan kajian teori dan pengembangan yang lebih mendalam. Oleh sebab itu penelitian pengembangan ini hanya sampai pada tahap develop (pengembangan). Penelitian pengembangan buku ajar berbasis kearifan lokal Kabupaten Kediri memenuhi kriteria valid, menarik, praktis dan efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan, sehingga dapat digunakan sebagai buku penunjang dalam kegiatan pembelajaran oleh siswa maupun guru. Hasil kevalidan produk diperoleh kualifikasi sangat valid dengan persentase sebesar 86,26%. Hasil kemenarikan produk diperoleh kualifikasi sangat menarik dengan persentase sebesar 89,16%. Hasil kepraktisan produk diperoleh kualifikasi sangat praktis dengan persentase sebesar 89 %, dan hasil keefektifan produk dilihat dari hasil belajar pretest diperoleh skor rata-rata 68,89 menjadi 80,58 pada rata-rata hasil belajar posttest. Saran untuk pengguna buku ajar ini dapat digunakan sebagai buku penunjang atau pendamping dalam kegiatan pembelajaran yang dapat dikaitkan dengan kearifan lokal daerah Kabupaten Kediri. Untuk peneliti selanjutnya, dapat dilakukan pengembangan yang serupa dengan orientasi yang berbeda disesuaikan dengan kebutuhan dan lingkunan sekitar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Oct 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63355

Actions (login required)

View Item View Item