Zahro, Fakhriyatu (2018) Pengaruh model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan mind mapping terhadap hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar / Fakhriyatu Zahro. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Zahro Fakhriyatu. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Devision) berbantuan Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Kelas IV Sekolah Dasar. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M.Pd (II) Dr. Alif Mudiono M.Pd. Kata Kunci Model pembelajaran STAD Mind mapping Hasil belajar dan Siswa SD Pembelajaran perlu diterapkan dengan tepat sebagai upaya peningkatan hasil belajar. Dengan menerapkan model pembelajaran STAD berbantuan mind mapping diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar. Model pembelajaran STAD dapat mendukung penguasaan materi pelajaran yang berdampak pada hasil belajar dan metode mind mapping dapat digunakan sebagai alat untuk mengintegrasikan materi yang didapat oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan nilai rata-rata hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran STAD berbantuan mind mapping dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran konvensional dan (2) pengaruh model pembelajaran STAD berbantuan Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan quasi experimental design dengan rancangan penelitian none equivalent control group dan menggunakan nonprobability sampling teknik pengambilan sampel jenuh. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas IV sekolah dasar di Kota Malang tahun pelajaran 2018/2019. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 84 siswa. Kelas kontrol menerapkan pembelajaran konvensional (ceramah-diskusi) sedangkan kelas eksperimen dibelajarkan dengan model pembelajaran STAD dan Mind Mapping. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes hasil belajar berbentuk pilihan ganda terdiri atas 10 soal yang valid dengan reliabilitas 0 550. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Independent T-test 20.0 SPSS for Windows dengan signifikansi sebesar 0 05 untuk uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) rata-rata hasil belajar siswa pada kelas yang menerapkan model pembelajaran konvensional (ceramah-diskusi kelompok) sebesar 69 1 dan rata-rata hasil belajar siswa pada kelas yang menerapkan model pembelajaran STAD dan Mind Mapping sebesar 78 3. Hal ini membuktikan bahwa hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran STAD dan Mind Mapping lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol dan (2) ada pengaruh model pembalajaran STAD dan Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Sep 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/63354 |
Actions (login required)
View Item |